Ilustrasi CPNS 2021

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pendaftaran CPNS 2021 ditutup pada Senin (27/7/2021). Setelah itu, pelamar menunggu tahapan ujian yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sebelum mengikuti SKD, pelamar CPNS 2021 bisa mengikuti simulasi tes sebagai persiapan atau pemantapan. 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan portal simulasi tes secara daring (online) tersebut yaitu lewat portal computer assisted test (CAT) BKN. 

"Untuk latihan soal-soal seleksi ASN menggunakan CAT, Anda bisa ikuti simulasinya via kanal berikut http://cat.bkn.go.id/simulasi," tulis BKN di akun Instagram resminya @bkngoidofficial, Sabtu (24/7/2021). 

Setelah pendaftaran ditutup 26 Juli 2021, tahapan berikutnya adalah masing-masing instansi akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pada 15 Agustus 2021. 

Sebelum mengikuti SKD, pelamar CPNS maupun PPPK 2021 bisa melakukan simulasi tes di CAT BKN. BKN menyampaikan, simulasi CAT tidak dipungut biaya atau gratis. 

Caranya mudah, silakan kunjungi laman cat.bkn.go.id dan pilih Simulasi. Selanjutnya, pelamar akan diminta untuk mendaftar dengan mengisi data nama lengkap, email, hingga jenis kelamin. 

Baca: Ingin Lolos SKD CPNS 2021? 7 Hal Ini yang Perlu Kamu Pelajari dari Sekarang

Baca: Pos Indonesia Buka Puluhan Lowongan Kerja, Ditutup 31 Juli, Ini Syarat dan Cara Daftar

Mengenai jumlah pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) (baik CPNS maupun PPPK) hingga 23 Juli, data pendaftar di portal SSCASN sebanyak 3.772.420 orang dan yang telah menyelesaikan pendaftaran sebanyak 2.798.396. 

Kementerian Hukum dan HAM menjadi instansi yang paling diminati oleh pelamar CASN 2021. 

Hari Terakhir Pendaftaran 

Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara  (CASN) 2021 akan berakhir hari ini, Senin (26/7/2021).
CASN 2021 tersebut meliputi pendaftaran untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru, dan PPPK Non Guru.

Bagi Anda yang berminat untuk berkarier di bidang pemerintahan, maka kesempatan untuk mendaftar CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non Guru tinggal beberapa jam lagi. 

Sebelumnya, pendaftaran CASN 2021 sudah diperpanjang. Rencana awal ditutup 21 Juli, kemudian ditambah lima hari menjadi 26 Juli 2021.  

Seluruh proses pendaftaran pada CPNS 2021 dilakukan secara online di laman resmi SSCASN 2021 yakni  sscasn.bkn.go.id.

Namun, sebelum mendaftar, Anda akan diminta untuk membuat akun dengan mengisi identitas diri serta mengunggah swafoto dan foto KTP.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pendaftaran pada jabatan dan instansi yang diminati, baik pemerintah pusat (kementerian/lembaga) maupun pemerintah daerah (kabupaten/kota dan provinsi).  
Sekaligus memenuhi persyaratan dokumen yang diminta.

Perpanjangan masa pendaftaran CPNS 2021 dari 21 Juli menjadi 26 Juli turut mempengaruhi keseluruhan jadwal pendaftaran sampai dengan pengumuman pasca sanggah. 

Baca: Hasil Ujicoba Rangers vs Real Madrid: Nacho Kartu Merah, Pasukan Ancelotti Kalah

Setelah pendaftaran, tahapan pelaksanaan seleksi CPNS selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi dasar (SKD), Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru, Seleksi Kompetensi PPPK Guru, dan SKB. 

Semua tahapan seleksi akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi Covid-19. (*)


Tags: CPNS CPNS 2021 Formasi CPNS formasi CPNS 2021 Pendaftaran CPNS Penerimaan CPNS Seleksi CPNS

Baca juga