Ilustrasi magang

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Kabar gembira bagi Anda lulusan SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah (MA) yang hendak melanjutkan kuliah di perguruan tinggi vokasi. 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bekerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menawarkan program magang bersertifikat. 

Melalui program ini, tersedia beasiswa magang bersertifikat. Caranya, Anda mendaftar di laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id 

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Ahmad Saufi melalui Youtube Mitrasdudi Kemdikbud menjelaskan, program ini bernama  beasiswa micro credendtial (kredensial mikro) bermagang dan studi independen.

Pendanaan program magang ini dari LPDP. Sedangkan untuk lokasi magang, para calon mahasiswa diarahkan oleh Kadin Indonesia. 

Saufi menegaskan, program ini memperkuat kualitas lulusan perguruan tinggi vokasi D2, D3, dan D4 untuk mampu bersaing di dunia global industri.

Pada program magang ini nantinya, akan ada bobot yang setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto menjelaskan, mahasiswa atau peserta magang ini akan mendapat gaji Rp 4 juta. 

"Mahasiswa magang dapat gaji dan kami menyediakan anggaran untuk menggaji mahasiswa magang, kisaran Rp 4 juta," kata Wikan. 

Baca: Lowongan Kerja Alfamart untuk Lulusan S1, Ini Syarat dan Cara Daftar

Program ini memiliki sertifikasi yang diakui dunia industri. Bukan hanya mahasiswa yang bisa mendaftar program ini.

Pihak industri juga diminta mendaftar agar mampu melihat kompetensi mahasiswa yang masuk dalam program beasiswa. 


Tags: beasiswa beasiswa LPDP beasiswa mahasiswa Kemendikbud Kemendikbud RI Kemendikbud Ristek lowongan magang LPDP magang kerja magang mahasiswa mahasiswa magang program magang

Baca juga