Daihatsu Rocky

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Daihatsu Rocky yang resmi mengaspal di Indonesia pada akhir April 2021, kini masuk jajaran mobil terlaris di Tanah Air.

Kehadiran Daihatsu Rocky jadi gebrakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam menawarkan produk yang berbeda dari sebelumnya.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, belum lama ini mengatakan, penerimaan Rocky cukup positif meski baru dua bulan dipasarkan.

Hendrayadi menjelaskan, untuk Mei 2021, retail sales Rocky i505 unit, kemudian Juni 333 unit. 

Lalu, tipe mana yang terbanyak? Pada periode Mei yang terbanyak tipe 1.000 cc turbo karena 1.200 baru meluncur. 

“Jadi kalau dilihat secara komposisi retail sales 90 persen masih 1.000 cc, 10 persen 1.200 cc," jelas Hendrayadi saat konferensi pers virtual.

Menurut Hendrayadi, masih kecilnya penerimaan Rocky 1.2L, tak hanya karena statusnya baru meluncur, tapi juga ada beragam faktor lain yang mempengaruhi, terutama adanya kebijakan dari pemerintah.

Sebab, setelah diluncurkan secara virtual pada 17 Juni 2021, beberapa hari kemudian pemerintah memberlakukan PPKM Mikro. Kebijakan itu membuat mobilitas untuk pemasaran Rocky 1.2L langsung tersendat. 

Baca: Update Penerimaan CPNS 2021: Puluhan Formasi Kementerian ESDM Masih Sepi Peminat

Untuk segmen pembeli, Hendrayadi mengklaim sejauh ini didominasi konsumen atas yang dari sisi finansial sudah siap. Hal itu dibuktikan dengan larisnya tipe tertinggi Rocky dengan fitur advanced safety assist (ASA). 

Baca: Lowongan Kerja Netflix untuk Tim Indonesia, Penempatan Singapura, Ini Syarat dan Cara Daftar

Dijelaskan, untuk yang ASA itu 20 persen, padahal target waktu meluncur hanya sekitar 5 persen. Dengan harga Rp 200 jutaan, Rocky bukan sebagai main car tapi additional juga bisa replacement car, beda dengan Daihatsu Xenia untuk konsumen tujuh penumpang yang rata-rata first time buyer.

"Hal ini juga jadi sebuah segmen baru bagi Daihatsu yang memang cukup penting untuk disosialisasikan, karena biasanya 60 persen konsumen kami adalah pembeli mobil pertama," tuturnya. (*)



Tags: Daihatsu Daihatsu Rocky Mobil Terlaris

Baca juga