Lionel Messi

THENEWSULSEL.COM, SPANYOL – Teka-teki mengenai kelanjutan karier Lionel Messi setelah berstatus bebas transfer pada akhir Januari 2021, akhirnya menemui titik terang.

Messi yang baru saja sukses membawa timnas Argentina juara Copa America 2021 dikabarkan akan menandatangani kontrak baru bersama Barcelona.

Sebelumnya, kontrak Messi berakhir pada Juni 2021. Sejak itu, Messi dikait-kaitkan dengan banyak klub top Eropa yang menginginkan tanda tangannya. 

Namun, kabar terbaru menyebutkan, setelah negosiasi yang alot, Messi setuju kembali berseragam Barcelona. Bahkan akan diikat kontrak lima tahun.   

Informasi ini dilaporkan oleh dua media terkemuka,  L'Esportiu dan ESPN, yang menyebutkan Lionel Messi akhirnya menyetujui perpanjangan kontrak baru selama lima tahun.

Messi dilaporkan menerima pengurangan gaji hingga 50 persen, karena Barcelona terkendala finansial sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk sepakbola Spanyol. 

Selain itu, penyelenggara kompetisi Liga Spanyol atau La Liga juga mengeluarkan aturan agar klub, termasuk Barcelona mengurangi gaji pemain bintang. 

Kabar perpanjangan kontrak baru Messi itu merupakan puncak dari negosiasi para petinggi Barcelona dengan presiden Liga Spanyol Javier Tebas selama beberapa pekan terakhir. 

Baca: 5 Kandidat Peraih Ballon d’Or 2021, Jorginho Pesaing Kuat Lionel Messi

Baca: Inilah Gejala Terinfeksi Covid-19 Varian Delta pada Anak dan Dewasa, Termasuk Sakit Kepala

Sebelumnya, La Liga tidak memberi lampu hijau bagi Barcelona untuk perpanjangan kontrak Messi, jika pihak klub tidak bisa mengurangi beban gaji El Barca. 

Batas pengeluaran Barcelona dikurangi dari 600 juta euro ke 347 juta euro selama pandemi oleh pengelola kompetisi La Liga. 

Salah satu solusinya adalah pemotongan gaji Messi. Jika sesuai kontrak, maka Messi baru meninggalkan Barcelona pada umur 39 tahun.  

Baca: Lowongan Kerja Anak Perusahaan PLN untuk Lulusan SMK-S1, Ini Syarat dan Cara Daftar

Barcelona memang perlu dana segar, sebab mereka akan mendatangan beberapa bintang baru. Dua nama sudah resmi bergabung, Sergio Aguero dan Eric Garcia. Incaran berikutnya adalah Memphis Depay.

Barcelona disebut-sebut akan melepas beberapa pemain pada bursa transfer musim panas ini, seperti Antoine Griezmann, Samuel Umtiti, Miralem Pjanic, dan Philippe Coutinho.

Media Spanyol melaporkan, untuk musm kompetisi 2021-2020, Lionel Messi akan mendapatkan 20 juta euro atau sekitar Rp 342 miliar. (*)



Tags: Aguero ke Barcelona Barcelona bursa transfer Liga Spanyol Lionel Messi Presiden Barcelona

Baca juga