Jorginho mampu bawa Chelsea juara Liga Champions 2021 dan timnas Italia juara Euro 2021.

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Pembahasan mengenai pemain yang layak mendapat penghargaan Ballon d’Or semakin hangat, setelah berakhirnya Euro 2020 dan Copa America 2021 serta semua kompetisi sepakbola sepanjang 2021. 

Sedikitnya lima nama disebut-sebut layak mendapatkan penghargaan pribadi itu. Salah satu diantaranya adalah megabintang Lionel Messi. 

Tahun 2021 ini, Messi yang memegang ban kapten membawa timnas Argentina juara Copa America setelah mengalahkan Brasil 1-0 di final. 

Ini merupakan trofi pertama Lionel Messi bersama tim nasional. Sedangkan di level klub, Messi membantu Barcelona meraih gelar juara Copa del Rey dan finis di urutan ketiga Liga Spanyol 2020-2021.

Berikut lima calon peraih Ballon d'Or 2021:

1. Lionel Messi 

Lionel Messi kini berstatus bebas transfer, setelah kontraknya di Barcelona habis pada akhir Juni 2021. Hingga saat ini, belum ada kontrak baru dengan El Barca. 

Pemain 34 tahun ini menjadi salah satu kandidat untuk memenangkan Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya, setelah membawa Argentina juara Copa America 2021.

Messi selama ini menjadi sasaran kritik, karena tidak mampu membawa timnas Argentina juara. 

2. Jorginho

Jorginho (29 tahun) yang berposisi gelandang, tahun ini meraih dua gelar juara bergengsi. Juara Liga Champions bersama Chelsea setelah mengalahkan Manchester City di final. 

Trofi kedua, Jorginho memenangkan Euro 2020 bersama timnas Italia.

Raihan dua trofi bergengsi itu, membuat mantan pemain Napoli ini bersaing mendapatkan Ballon d'Or. 

Apalagi posisinya tidak tergantikan di lini tengah timnas Italia maupun bersama The Blues Chelsea. 

Jorginho berdarah Brasil. Ia juga pernah ditawari membela timnas Brasil, namun lebih memilih Italia.

3. Harry Kane

Kapten timnas Inggris Harry Kane masuk daftar calon perajh Ballon d'Or. Pemain ini ikut berperan membawa Inggris mencatat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke final Euro atau Piala Eropa.

Sayang di final lawan Italia, Harry Kane dan kawan-kawan kalah adu penalti. 

Penyerang Tottenham Hotspur ini tampil kurang apik di fase grup. Namun, ketika memasuki sistem gugur, dia mencetak empat gol.

4. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski mestinya meraih Ballon d’Or pada edisi 2020 lalu, ketika membawa Bayern Muenchen meraih banyak trofi, termasuk juara Liga Jerman dan Liga Champions.

Baca: Lowongan Kerja Anak Perusahaan PLN untuk Lulusan SMK-S1, Ini Syarat dan Cara Daftar

Namun, karena pandemi Covid-19, penghargaan ini ditiadakan. Tahun 2021, namanya juga masuk kandidat, tapi peluangnya tidak terlalu besar.

Pasalnya, Lewandoksi gagal membawa timnas Polandia lolos dari babak penyisihan grup di Euro 2020. Hanya saja, peran pentingnya di Bayern Munchen tidak boleh diabaikan.

Lewandowski memecahkan rekor lama Liga Jerman (Bundesliga) dengan mencetak 41 gol dalam 29 penampilannya pada 2020/21. 

5. Giorgio Chiellini

Selain Jorginho, satu lagi pemain timnas Italia yang masuk kandidat peraih Ballon d’Or yakni Giorgio Chellini. 

Penampilan Chiellini bersama timnas Italia di Euro 2020 layak mendapat pengakuan. Bek senior Juventus itu mampu membangun tempok kokoh timnas Italia bersama Leonardo Bonucci.

Chellini yang menjabat kapten tim juga mampu memberi rasa tenang pada rekan-rekannya pada situasi sulit. 

Salah satu bek yang pernah memenangkan Ballon d’Or adalah Fabio Cannavaro yang juga pemain timnas Italia. Ketika itu, tim Azzurri  juara Piala Dunia 2006. (*)



Tags: Ballon d Giorgio Chellini Harry Kane Jorginho juara Copa America juara Euro kandidat Ballon d Lionel Messi penghargaan Ballon d Robert Lewandowski

Baca juga