Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mewajibkan masyarakat Makassar agar memiliki QR Qode kesehatan yang dibuat melalui aplikasi Makassar Recover.

QR Qode tersebut juga bakal dijadikan syarat bisa menerima pelayanan pemerintah seperti mengurus KTP, Kartu Keluarga (KK), dan juga syarat masuk ke sejumlah tempat umum dalam mal hingga kafe.

"Jadi kalau dia tidak diperiksa tidak ada QR Qode, maka dia tidak masuk ke mal, tidak masuk ke pemerintahan (untuk menerima pelayanan administrasi KTP dll), tidak masuk restoran, karena saya wajibkan semua ada QR Qode," ujar Danny seperti dikutip dari video penjelasannya yang beredar di medsos, Senin 12 Juli 2021.

Baca: Dokter Lois yang Tak Percaya Covid-19 Diamankan Polisi, Kasusnya Ditangani Mabes Polri

Danny mengatakan QR Code kesehatan tersebut dapat diperoleh saat tim detektor terjun memeriksa kesehatan warga di tingkat RT/RW.

Saat pemeriksaan kesehatan, kata Danny, para warga akan lebih dulu diminta mengunduh aplikasi Makassar Recover sehingga data-data kesehatan mereka dapat langsung dimasukkan oleh tim detektor ke dalam aplikasi yang memiliki QR Qode.

QR Qode tersebut, lanjut Danny, berfungsi merekam catatan kesehatan warga dan hanya bisa diperoleh apabila warga telah diperiksa tim detektor.

"Kalau kamu tidak ikut (tidak diperiksa tim detektor) tidak dapat barcode. Karena semua akan di-barcode dan barcode menjadi sistem kita untuk mengakses semua pelayanan publik," ucap Danny.

"Maka kalau kau tidak diperiksa berarti kau tidak dapat barcode, berarti tidak ada kau bisa bikin apa-apa dalam proses pemerintah kota," imbuh Danny.

Meski demikian, kata Danny, masyarakat yang tak mau diperiksa oleh tim detektor bisa mencoba opsi lain, yakni melakukan deteksi kesehatan secara mandiri.

"Deteksi mandiri, nanti saya kirimkan aplikasi, silahkan isi, tensi sendiri kalau ada dokter di rumahmu atau panggil dokter pribadimu, saturasi sendiri, silahkan lapor (input data kesehatan ke aplikasi), jawab (daftar pertanyaan yang ada di aplikasi)," tutur Danny.


Tags: Aplikasi Makassar Recover barcode Danny pomanto Hunter Covid Layanan Pemerintahan Makassar Recover Masuk Mall QR Code Tim Detektor video viral Viral Medsos

Baca juga