Presiden Haiti Jovenel Moise

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Presiden Haiti Jovenel Moise dikabarkan tewas ditembak di rumahnya, Rabu (7/7/2021).

Kabar duka ini disampaikan Perdana Menteri (PM)  sementara Haiti, Claude Joseph.

Dilansir Al Jazeera, Claude Joseph mengabarkan, sekelompok orang tidak dikenal menyerang kediaman pribadi Jovenel Moise pada malam hari.

Selain menembak presiden, sekelompok orang itu juga menyerang istri presiden. Saat ini, Ibu Negara masih dirawat di rumah sakit. 

Claude Joseph menjelaskan, saat ini keamanan negara berada di bawah kendali kepolisian nasional  dan angkatan bersenjata Haiti.

"Semua tindakan diambil untuk menjamin keberlangsungan negara dan untuk melindungi bangsa," jelas Claude Joseph.

Moise memerintah negara termiskin di benua Amerika ini sejak 2017 lalu. Rencananya, September 2021 nanti, akan berlangsung pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. 

Sebelumnya, rencana pemilihan presiden Haiti terus tertunda karena pandemi Covid-19.   

Pada saat kejadian, situasi di ibu kota Haiti yakni Port - au - Prince mencekam setelah sejumlah orang menggeledah tempat bisnis. Setelah serangan itu suara tembakan terdengar di seluruh ibu kota.

Joseph menjelaskan, polisi telah dikerahkan ke istana kepresidenan dan para pejabat akan dijaga untuk antisipasi. 

Joseph mengutuk pembunuhan itu sebagai tindakan penuh kebencian dan tidak manusiawi. Disebutkan, beberapa penyerang berbicara dalam bahasa Spanyol. 

Baca: Penerimaan CPNS 2021 Kementerian Agama, Buka 10.819 Formasi, Ini Informasi Lengkapnya

Belakangan ini, negara berpenduduk lebih dari 11 juta orang ini tidak stabil dan masyarakat tidak puas di bawah kepemimpinan Moise yang berusia 53 tahun.

Serangan pada presiden itu terjadi di tengah meningkatnya gelombang kekerasan yang terkait persoalan politik dan kekurangan makanan.

Kekerasan terutama meningkat di ibu kota Port - Au- Prince. Pemicu kekerasan yakni meningkatnya kemiskinan dan ketidakstabilan politik.

Baca: Hasil Inggris vs Denmark, Harry Kane Cs ke Final Euro 2020 dan Catat Sejarah

Masalah ekonomi menimpa Haiti setelah negara ini dilanda gempa bumi tahun 2010 dan terjangan badai Matthew pada 2016. Situasi ini menyulitkan perekonomian Haiti bangkit. 

Moise sering mendapat protes sejak memimpin Haiti tahun 2017. Pihak oposisi menyebut Moise otoriter dan melampaui mandatnya sebagai presiden. (*)



Baca juga