Logo Euro

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Jadwal perempat final Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 yang dimulai Jumat (3/7/2021) malam WIB, menyajikan dua laga panas. 

Laga pertama mempertemukan Swiss vs Spanyol, Jumat (3/7) malam, pukul 23.00 WIB. 

Tiga jam kemudian, tepatnya Sabtu (3/7), akan bertempur dua favorit juara, Belgia vs Italia. Kick off pukul 02.00 WIB.

Dari dua laga ini, yang banyak menjadi sorotan adalah Belgia vs Italia. Pasalnya, kedua tim bertabur pemain bintang dan sama-sama impresif di fase grup.

Belgia dan Italia sama-sama maju ke perempat final sebagai juara grup dengan poin sempurna 9. Kedua tim juga baru sekali kebobolan.

Namun, menghadapi laga penting yang akan dihelat di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Belgia mendapat nasib sial karena dua pilarnya cedera, Eden Hazard dan Kevin De Bruyne.

Kedua motor serangan ini menderita cedera saat bertanding lawan timnas Portugal di  babak 16 besar.

Hazard menderita cedera kambuhan di bagian hamstring, sementara De Bruyne mengalami masalah di pergelangan kakinya.

Keduanya kemungkinan tidak bisa tampil lawan Italia. Padahal, keduanya sangat dibutuhkan, sebab memiliki kualitas individu yang mumpuni untuk membongkar pertahanan Italia yang sangat solid di fase grup hingga 16 besar.

Hazard punya kemampuan dribbling untuk masuk ke kotak penalti. Sedangkan De Bruyne sangat berbahaya jika punya ruang tembak di luar kotak penalti lawan.

Tanda-tanda absennya Hazard dan De Bruyne kian menguat sebab mereka tak terlihat berlatih bersama Belgia.

"Masih ada waktu 24 jam sebelum pertandingan, ini berpacu dengan waktu," kata pelatih timnas Belgia Roberto Martinez, Kamis (1/7), dilansir Football Italia.

“Pemulihan Hazard sulit, dia mengalami cedera otot. Berbeda dengan yang dialami De Bruyne. Keputusan ada di tangan staf medis, kami akan memutuskan setelah berbicara dengan mereka," tambah Martinez.

Jika Eden Hazard dan Kevin De Bruyne benar-benar absen, Dries Martens dan Yannick Carrasco diprediksi akan masuk menggantikan posisi mereka.

Baca: Kemenhub Buka 2.419 Formasi CPNS 2021, Terbanyak untuk Lulusan D3 dan SMA/SMK, Lihat Rinciannya

Martens dan Carrasco dapat mengisi pos gelandang serang demi mendukung striker Romelu Lukaku yang telah mencetak tiga gol di Euro 2020.

Sedangkan timnas Italia datang dengan kekuatan terbaik menghadapi Belgia.

Bek senior Giorgio Chiellini sudah pulih dari cedera sehingga bisa kembali menjadi tembok Gli Azzurri. Sebelumnya, bek Juventus ini absen di fase grup dan 16 besar karena masih pemulihan cedera. 

Kapten timnas Italia itu diprediksi akan menjadi tembok Italia bersama Leonardo Bonucci.

Baca: Milwaukee Bucks Selangkah Lagi ke Final NBA, Gasak Hawks di Game Keenam

Sedangkan Giovanni Di Lorenzo dan Leonardo Spinnazola diperkirakan akan tetap menjadi andalan Roberto Mancini sebagai fullback.

Di lini tengah, tetap mengandalkan trio Nicolo Barella, Jorginho, dan Marco Veratti. 

Perubahan kemungkinan terjadi di lini depaan dengan Federcio Chiesa menggantikan Domenico Berardi.

Baca: Ayo Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021 untuk S1 Hingga S3, Ini Jadwal dan Syaratnya

Chiesa menjadi salah satu aktor protagonis dengan mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 Italia atas Austria di 16 besar. Ketika itu, Chiesa masuk sebagai pemain pengganti.

Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile kemungkinan tetap sebagai andalan di lini depan. (*)

Prediksi Susunan Pemain Belgia Vs Italia

BELGIA (3-4-2-1): 1-Courtois; 4-Alderweireld, 3-Vermaelen, 5-Vertonghen; 15-Meunier, 8-Tielemans, 6-Witsel, 16-T.Hazard; 14-Mertens, 9-Lukaku, 11-Carrasco.

Pelatih: Roberto Martinez (SPA)

ITALIA (4-3-3): 21-Donnarumma; 2-Di Lorenzo, 19-Bonucci, 3-Chiellini, 4-Spinnazola; 18-Barella, 8-Jorginho, 6-Verratti; 14-Chiesa, 17-Immobile, 10-Insigne.

Pelatih: Roberto Mancini (ITA)



Tags: Euro Euro 2020 jadwal bola jadwal bola hari ini jadwal bola malam ini jadwal Euro jadwal Euro 2020 perempat final Piala Eropa Piala Eropa 2020

Baca juga