Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS – Jadwal babak 16 besar Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 Selasa (29/6/2021) malam ini akan menyajikan duel klasik Inggris vs Jerman. 

Laga krusial untuk berebut tiket ke perempat final atau 8 besar itu akan berlangsung di Stadion Wembley, Kota London, Selasa (29/6) malam, pukul 23.00 WIB.

Inggris maju ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup D. Sedangkan Jerman menantang tuan rumah Inggris sebagai runner-up Grup F.

Menarik ditunggu susunan pemain yang akan ditampilkan pelatih kedua tim, yakni Gareth Southgate (Inggris) dan Joachim Loew (Jerman). 

Gareth Southgate dikabarkan sudah menimbang-nimbang kemungkinan menerapkan skema tiga bek untuk meredam lini depan Jerman. 

Tujuan Southgate adalah agar anak asuhnya tidak kerepotan meladeni sengatan-sengatan Jerman dari sektor bek sayap.

Pasalnya, dalam laga Grup F, Portugal kerepotan menghadapi agresivitas bek sayap Jerman yang sering diperankan oleh Robin Gosens dan Joshua Kimmich.

Gosens dan Kimmich seperti menjadi penyerang ekstra Jerman dalam fase ofensif, karena kecenderungan kedua pemain ini untuk ikut merangsek ke depan.

Dengan mengkopi sistem permainan Jerman, tugas barisan pemain belakang Inggris memang akan menjadi lebih jelas.

Media-media lokal Inggris menyebut, Southgate tidak akan memakai skema 4-2-3-1 yang jadi andalan di fase grup dan beralih ke formasi 3-4-3.

Mengutip The Independent, trio bek Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire akan membentengi kiper Jordan Pickford.

Sedangkan lini tengah diisi empat pemain yakni Kieran Trippier, Declan Rice, Kalvin Phillips, dan Luke Shaw.

Trio lini serang Jerman dipercayakan kepada Phil Foden, Harry Kane, dan Raheem Sterling. Opsi lainnya adalah Jadon Sancho. 

Baca: Resmi, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Dimulai 30 Juni, Ini Jadwal Lengkapnya

Bagaimana dengan Jerman? Pelatih Tim Panser ini diperkirakan tak akan banyak mengubah formasi maupun pemain yang masuk starting eleven. 

Pelatih Jerman, Joachim Loew, diprediksi akan tetap mengandalkan skema 3-4-3. 

Thomas Mueller yang sempat mengalami masalah lutut di laga kontra Hongaria, dikabarkan siap tampil sebagai starter lawan Inggris.

Mueller akan menjadi bagian dari trio penyerang Jerman, yakni Kai Havertz dan Serge Gnabry.

Lini tengah akan mengandalkan Ilkay Guendogan dan Toni Kroos.

Baca: Jadwal Euro 2020 Malam Ini: Penentuan Nasib Inggris vs Jerman, Swedia vs Ukraina

Baca: Pendaftaran CPNS 2021 Dimulai 30 Juni, Ini Dokumen Harus Disiapkan dan Diunggah ke Laman SSCASN

Sedangkan lini belakang kemungkinan tetap dipimpin bek tengah Mats Hummels bersama Antonio Ruediger untuk membentengi kiper Manuel Neuer.

Selain Inggris vs Jerman, juga akan berlangsung laga panas lainnya antara Swedia vs Ukraina untuk berebut tiket perempat final. Laga ini akan berlangsung Rabu (30/6/2021) dini hari, pukul 02.00 WIB. (*)

 Prediksi Line Up Inggris vs Jerman

INGGRIS (3-4-3): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 5-John Stones, 6-Harry Maguire; 12-Kieran Trippier, 4-Declan Rice, 14-Kalvin Phillips, 3-Luke Shaw; 20-Phil Foden, 9-Harry Kane, 10-Raheem Sterling.

JERMAN (3-4-3): 1-Manuel Neuer; 4-Matthias Ginter, 5-Mats Hummels, 2-Antonio Ruediger; 6-Joshua Kimmich, 21-Ilkay Guendogan, 8-Toni Kroos, 20-Robin Gosens; 7-Kai Havertz, 25-Thomas Mueller, 10-Serge Gnabry.



Tags: Gareth Southgate Inggris jadwal 16 besar jadwal bola jadwal bola hari ini jadwal bola malam ini jadwal Euro jadwal Euro 2020 Jerman Three Lions

Baca juga