Pebalap Yamaha Maverick Vinales

THENEWSULSEL.COM, BELANDA - Pebalap Yamaha Maverick Vinales tampil sebagai yang tercepat dan meraih pole position pada kualifikasi MotoGP Belanda 2021 di Sirkuit Assen, Sabtu (26/6/2021).

Vinales mendominasi jalannya sesi latihan bebas atau free practice (FP) dari FP1 hingga FP3. Begitu juga pada sesi kualifikasi. 

Pebalap asal Spanyol ini juga mencatatkan rekor baru lap tercepat di Sirkuit Assen. Catatan waktunya tembus 1 menit 31,814 detik.

Vinales bersaing cukup ketat dengan rekan setimnya di Yamaha, yakni Fabio Quartararo. Pebalap asal Prancis itu yang pertama kali memecahkan rekor baru di Sirkuit Assen, sebelum dipatahkan lagi oleh Vinales.

Dengan hasil kualifikasi ini, maka Vinales akan start dari baris terdepan pada lomba yang sesungguhnya, Minggu (27/6/2021) malam WIB. 

Quartararo yang saat ini memimpin klasemen sementara pebalap akan mendampingi di baris start terdepan.

Francesco Bagnaia yang mencatat waktu tercepat ketiga pada sesi kualifikasi akan melengkapi tiga pebalap di baris terdepan saat start, Minggu malam.  

Bagnaia akan menjadi ancaman serius bagi dua pebalap Yamaha itu, sebab performanya cukup bagus. 

Pebalap dari tim satelit Honda, Takaaki Nakagami akan start dari posisi keempat. Sedangkan posisi kelima berhak ditempati oleh Johann Zarco.

Pebalap Portugal Miguel Oliveira yang juga patut diwaspadai akan berada di barisan depan nanti, menempati posisi start keenam. Di belakangnya, ada pebalap Suzuki Alex Rins di posisi ketujuh.

Baca: Jadwal Euro 2020 Malam Ini: Wales vs Denmark vs, Adu Tajam Striker Real Madrid dan Barcelona

Jack Miller tak mampu berbuat banyak pada sesi kualifikasi dan akan start dari posisi kedelapan. Aleix Espargaro start di posisi kesembilan.

Melengkapi sepuluh besar adalah jjuara dunia MotoGP 2020, yakni Joan Mir dari tim Suzuki. Posisi kesebelas ditempati oleh Pol Espargaro.

Pebalap senior Valentino Rossi sudah berhasil langsung masuk sesi kualifikasi Q2. Namun, The Doctor tidak bisa memperbaiki catatan waktunya dan harus start di posisi ke-12.

Baca: Unhas dan UNM Masuk Daftar 50 Universitas Terbaik Indonesia 2021 Versi Webometrics, Siapa Urutan Pertama?

Baca: Untuk Mahasiswa, Kemendikbudristek Buka Program Magang Bersertifikat, Ayo Daftar

Pebalap andalan Honda Marc Marquez kembali kesulitan lagi, setelah meraih kemenangan pada seri sebelumnya di MotoGP Jerman 2021. 

Marquez bahkan tidak lolos sesi kualifikasi Q1 dan harus start dari posisi ke-20. Posisi ini akan menyulitkan Marquez bisa melejit ke posisi depan. (*)

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021

1. M. VIÑALES

2. F. QUARTARARO

3. F. BAGNAIA

4. T. NAKAGAMI

5. J. ZARCO

6. M. OLIVEIRA

7. A. RINS

8. J. MILLER

9. A. ESPARGARO

10. J. MIR

11. P. ESPARGARO

12. V. ROSSI

13. I. LECUONA

14. J. MARTIN

15. L. SAVADORI

16. A. MARQUEZ

17. L. MARINI

18. D. PETRUCCI

19. E. BASTIANINI

20. M. MARQUEZ

21. B. BINDER

22. G. GERLOFF



Tags: Hasil MotoGP Hasil MotoGP 2021 Jadwal MotoGP MotoGP 2021 pole position starting grid

Baca juga