Logo Euro

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS - Babak penyisihan grup Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 rampung Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.

Laga penyisihan terakhir melibatkan penghuni Gup F. Hasilnya, laga Portugal vs Perancis di Stadion Puskas Arena berakhir imbang 2-2. Kedua tim berhak lolos ke babak 16  besar. 

Laga Portugal vs Perancis berlangsung sengit. Tiga gol tercipta dari titik penalti. Dua pemain bintang yang bersahabat di Real Madrid, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo sama-sama menyumbang gol untuk negaranya.  

Pada laga penutup Grup G lainnya di Allianz Arena, Jerman nyaris gagal ke babak 16 besar. Pasukan Joachim Loew dua kali kebobolan terlebih dulu lawan Hongaria.

Tuan rumah Jerman sudah kebobolan saat laga baru berjalan 11 menit, lewat aksi Adam Szalai. Jerman baru bisa menciptakan gol balasan di babak kedua melalui gol Kai Havertz pada menit ke-66. 

Skor imbang 1-1 ini hanya bertahan 90 detik. Hongaria yang tampil tanpa beban, kembali unggul 2-1 melalui serangan balik cepat yang berbuah gol Andras Schafer. Leon Grotzka yang masuk di awal babak kedua menjadi penyelamat Jerman setelah menyamakan skor 2-2 yang bertahan hingga laga berakhir. 

Dengan hasil ini, Jerman finis di peringkat kedua klasemen Grup F. Jerman mendampingi Perancis sebagai juara grup maju ke babak 16 besar. 

Bagaimana dengan Portugal? Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. 

Perancis, Jerman, dan Portugal melengkapi 16 tim atau negara yang akan bertarung di babak 16 besar. Sebelumnya, Italia (Grup A) menjadi tim pertama lolos ke 16 besar. 

Babak 16 besar yang memakai sistem gugur dimulai 26 Juni 2021. 

Daftar lengkap tim yang lolos ke babak 16 besar:

Juara Grup: Italia, Belgia, Belanda, Inggris, Swedia, Perancis 

Runner Up: Wales, Denmark, Kroasia, Spanyol, Jerman 

Peringkat 3 terbaik: Republik, Ceko, Swiss, Portugal, dan  Ukraina



Tags: 16 besar Babak 16 Besar Euro Euro 2020 Italia jadwal 16 besar jadwal bola Jerman Perancis Piala Eropa Piala Eropa 2020 Portugal Republik Ceko

Baca juga