Program Kampus Mengajar

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pekan lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar peluncuran “Menuju Festival Kampus Merdeka: Kampus Mengajar Angkatan II Tahun 2021” melalui kanal YouTube resmi Kemendikbud Ristek RI.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam sambutannya mengatakan, pada program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2020 lalu, sebanyak 14 ribu mahasiswa dari berbagai kampus, ikut berpartisipasi. 

Sebanyak 14 ribu mahasiswa itu mengajar pada sekolah dasar (SD) di berbagai pelosok Tanah Air. 

"Mereka berkontribusi ilmu, kreativitas, dan energi untuk membantu pelajaran adik-adik kita di jenjang sekolah dasar," jelas Nadiem Makarim seperti dirangkum dari laman Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek. 

Mendikbud Ristek menambahkan, selama 18 tahun terakhir, Indonesia berada di peringkat bawah untuk nilai kemampuan literasi dan numerasi. 

Baca: Kemendikbud Ajak Mahasiswa Mengajar di SD, Dapat Biaya Bulanan dan Bantuan Uang Kuliah

Karena itu, pihaknya mengundang mahasiswa terlibat dalam Kampus Mengajar Angkatan Kedua yang dirancang untuk membantu pelajar SD dan SMP. 

Rencananya, pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 2 dilaksanakan bersamaan dengan dimulainya sekolah tatap muka atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Juli 2021. 

Mahasiswa diharapkan dapat membantu memastikan PTM terbatas berjalan sesuai panduan yang disediakan Kemendikbud Ristek.

Ketua Sub-Pokja Kampus Mengajar, Ditjen Dikti, Wagiran menambahkan, pada angkatan II ditargetkan 20 ribu mahasiwa. 

Ke-17 ribu mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar ini akan ditempatkan mengajar di 3.400 sekolah dasar dan 3.000 mengajar pada 375 SMP di seluruh Indonesia. 


Tags: beasiswa Kampus Mengajar Kampus Merdeka mahasiswa Mendikbud Mendikbud RI Nadiem Makarim program Kampus Mengajar Thenewsulsel

Baca juga