Ilustrasi sinar matahari

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Unggahan video yang menyebutkan matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, sedang viral di media sosial (medsos) seperti Twitter, Instagram, dan Facebook, Kamis (17/6/2021).  

Video yang menghebohkan itu antara lain diunggah oleh akun Oan Guptan. “Matahari terbit dari sebelah utara..?” tulis akun tersebut.

Dalam unggahannya di medsos, akun Oan Guptan juga menyertakan sebuah video yang menyebutkan bahwa ketika direkam, matahari terbit dari utara. 

“Kami menyaksikan langsung dengan mata kepala terjadi keanehan. Saya katakan ini adalah keanehhan karena sebelumnya saya belum pernah melihat di mana yang menjadi kebiasaan matahari pagi terbit di sebelah timur. Tapi sekarang baru menjelang jam 8.00 ternyata matahari sudah di posisi utara. Tidak biasa terjadi seperti itu,” kata suara dalam video itu. 

Dalam keterangan lanjutannya, suara dalam video menduga fenomena ini ada hubungannya dengan tanda kiamat.

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Hasanuddin Makassar, Hari Triwibowo menjelaskan, fenomena yang terjadi di Kabupaten Jeneponto bukanlah sebuah pertanda mengenai adanya bencana tertentu.  

Menurut Hari, fenomena demikian biasa terjadi setiap tahunnya. “Bukan (pertanda buruk) ini biasa terjadi setiap tahunnya," katanya. 

Ia menjelaskan, fenomena itu terjadi akibat perputaran bumi mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya atau dikenal juga dengan gerak semu matahari. 

Hari menambahkan, posisi Kabupaten Jeneponto di Sulawesi Selatan berada berada pada lintang selatan ekuator. 

Hal inilah yang kemudian menyebabkan pada bulan-bulan tertentu seperti Maret hingga September seolah-olah posisi matahari akan terasa lebih berada atau bergeser di utara dan puncaknya akan terasa pada bulan Juni dan Juli. 

Baca: Imbauan MenPAN-RB: Lagu Indonesia Raya Diputar Dua Kali Seminggu di Kantor Pemerintah, Kapan Mulai?

Baca: Hasil Denmark vs Belgia, Romelu Lukaku Cs Tim Kedua Lolos 16 Besar Euro 2020

Mengutip kompas.com, Hari menjelaskan, sebaliknya nanti pada bulan September-Maret matahari akan seolah-olah bergerak ke selatan. 

Tetapi, karena posisi Kabupaten Jeneponto ada di selatan ekuator, maka menurut Hari, ketika matahari lebih ke selatan hal itu tidak akan terlalu terasa. (*) 



Tags: heboh matahari Jeneponto Kabupaten Jeneponto matahari dari utara matahari terbit video viral video viral matahari

Baca juga