5G

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Mulai Senin (7/6/2021), layanan 5G dari Telkomsel resmi hadir di lima kota, yakni Makassar, Surabaya, Bandung, Batam, dan Denpasar.

Sebelumnya, yang bisa menikmati layanan internet 5G ini adalah warga di wilayah Jabodetabek, Solo, Medan, dan Balikpapan.

Operator seluler milik pemerintah ini, dalam keterangan tertulis, menyampaikan sudah secara resmi mengekspansi layanan 5G komersialnya ke lima kota ini, mulai Senin (7/6). 

Menurut Direktur Network Telkomsel Nugroho,  hadirnya layanan 5G Telkomsel di lima kota ini, termasuk Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan wujud komitmen Telkomsel menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang dapat mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas.

Nugroho menambahkan, Telkomsel secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G di seluruh penjuru Tanah Air.

Juga mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, latensi rendah, dan mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan," kata Nugroho.

Baca: Aturan Baru Pelanggaran Lalulintas, Kepemilikan SIM Bisa Dicabut, Begini Penjelasannya

Namun, pada fase awal, layanan 5G baru bisa dinikmati di hotspot yang terletak di gerai-gerai Grapari Telkomsel, sebagai beirikut: 

⦁  Grapari Batam Centre, Kepulauan Riau

⦁  Grapari Pemuda Surabaya, Jawa Timur

⦁  Grapari Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan

⦁  Grapari Renon Denpasar, Bali

Untuk Kota Bandungi, layanan 5G Telkomsel tersedia di dua universitas, yakni di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Telkomsel akan terus memperluas cakupan layanan 5G miliknya pada lima kota ini, termasuk di Makassar.

Baca: Kejutan, Partai Islam Raam Raih 4 Kursi di Parlemen Israel dan Siap Koalisi Akhiri Kekuasaan PM Netanyahu

Baca: Lowongan Kerja BUMN Perkapalan, Terima Lulusan D3 dan S1

Anda dapat mengunjungi gerai-gerai Grapari di kota-kota tersebut untuk menjajal berbagai demo layanan 5G, misalnya Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Tapi, tidak semua telepon seluler (ponsel) dapat tersambung dengan layanan 5G. Ada beberapa syarat, misalnya dukungan band n40 (2.300 MHz).

Begitu juga oenggunaan kartu SIM. Jenis kartu SIM yang digunakan adalah uSIM (kartu SIM 4G LTE). (*)



Tags: 5G 5G Telkomsel gerai Telkomsel Grapari Pettarani Grapari Pettarani Makassar internet 5G jaringan internet 5G Telkomsel

Baca juga