Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Ada kabar baru mengenai kebijakan stimulus diskon listrik untuk membantu meringankan beban warga pada masa pandemi Covir-19.

Pemerintah tidak lagi memperpanjang kebijakan ini. Rencananya, mulai Juli 2021 nanti, pemerintah mengehntikan stimulus diskon listrik tersebut.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menyampaikan rencana penghentian bantuan keringanan tagihan listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA ini merupakan keputusan nasional.

"Ini keputusan nasional, tidak di kita, tapi keputusan secara umum menyangkut bansos yang lain. Ini bisa dikomunikasikan ke masyarakat, jadi tidak lagi dibantu oleh negara," jelas Rida Mulyana dalam jumpa pers virtual, Jumat (4/6/2021).

Ia mengemukakan, stimulus listrik mengalami perubahan secara bertahap sesuai ketentuan yang ada.

Pada kuartal I 2021, mengutip kontan.id, stimulus diskon tarif listrik besarnya 100% untuk pelanggan 450 VA dan 50% untuk pelanggan 900 VA subsidi.

Baca: Kedubes Arab Saudi Surati Ketua DPR RI Jelaskan Soal Haji 2021, Begini Isi Suratnya

Baca: Lowongan Kerja Perusahaan Terkemuka, Ada Penempatan Makassar, untuk Lulusan SMA/SMK, D3 dan S1

Pada kuarta II, besaran diskon kemudian dipangkas. Diskon bagi pelanggan 450 VA menjadi 50% dan pelanggan 900 VA menjadi 25%.

Kemudian pada kuartal III 2021 mulai Juni, tidak ada lagi stimulus diskon untuk pelanggan 450 VA maupun pelanggan 900 VA. (*)


Tags: diskon listrik diskon listrik dihentikan Kementerian ESDM listrik gratis pelanggan 450 VA pelanggan 900 VA pelanggan non subsidi PLN PT PLN stimulus ldiskon istrik subsidi listrik

Baca juga