Logo UEFA Champions Leaque

THENEWSULSEL.COM- Aturan gol tandang selama ini dianggap tidak adil. Banyak klub yang dirugikan karena peraturan tersebut.

Mempertimbangkan hal itu, induk sepak bola Eropa, UEFA, akhrnya mempertimbangkan untuk menghapus aturan gol tandang. Kebijakan ini nantinya akan berlaku untuk seluruh kompetisi yang ada di bawah naungan UEFA.

Menurut laporan The Times, induk sepak bola Eropa akan jadi fokus Komite Eksekutif dalam rapat yang dilangsungkan pada Sabtu (29/5/2021). The Times juga menyebut Aleksandar Ceferin juga mendukung wacana tersebut.

Jika mayoritas anggota komite eksekutif menyetujuinya, maka bisa dipastikan gol tandang tidak akan berlaku mulai musim depan. Tanpa gol tandang, setiap klub yang pertandingannya berakhir dengan agregat sama kuat akan berlanjut hingga babak adu penalti. Peraturan ini sama persis dengan yang dipakai Piala Menpor 2021 lalu.

Sebelumnya, aturan ini juga sudah dikeluhkan banyak klub. Tidak sedikit dari mereka yang menyebut gol tandang sudah ketinggalan zaman. Untuk diketahui, UEFA menerapkan peraturan tersebut 56 tahun silam.

Sampai sekarang aturan gol tandang masih berlaku di semua turnamen Eropa. Termasuk Liga Champions dan Liga Europa.

Lolos atau gugurnya klub karena aturan gol tandang hampir terjadi setiap musim. Salah satu yang masih diingat pertemuan Paris Saint-Germain dengan Manchester United di 16 besar Liga Champions 2018-2019.

Baca: Chelsea Juara Liga Champions 2021

Baca: 6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas Man City di Final Liga Champions 2021

Pada leg pertama yang berlangsung di Old Trafford, PSG menang 2-0. Tapi saat gantian menjamu Manchester United di Paris mereka kalah 1-3.

Baca: Daftar CPNS 2021 Wajib TOEF di 10 Instansi Pemerintah Ini

Dengan aturan gol tandang yang berlaku, United yang dinyatakan lolos kendati agregat sama kuat 3-3.(*)


Baca juga