Ketua Komite I DPD-RI, Fachrul Razi, MIP,

THENEWSULSEL.COM, SULBAR – Ketua Komite I DPD-RI, Fachrul Razi, MIP, menyatakan mendukung Mamuju untuk dijadikan Ibukota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). 

Hingga saat ini, Sulbar yang merupakan hasil pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) belum memiliki ibukota yang berstatus kota. 

Mamuju yang selama ini diposisikan sebagai ibukota Provinsi Sulbar, masih berstatus kabupaten yang dikepalai oleh seorang bupati.

Karena itu, Fachrul Razi meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesegera mungkin memproses Kabupaten Mamuju beralih status menjadi Kota Mamuju. 

Segala persyaratan administratif segera disiapkan agar proses penyiapan peraturan perundangannya dapat secepat mungkin dibahas di Senayan. 

“Provinsi ini sudah berusia 15 tahun sejak dimekarkan, semestinya ibukota provinsinya sudah dipersiapkan sejak awal,” kata enator DPD-RI dari Aceh itu, sesuai rilisnya.

Hal ini diungkapkan Fachrul Razi dalam kunjungan kerjanya bersama Ketua DPD-RI, La Nyalla Mattalitti ke Sulawesi Barat, Minggu, 30 Mei 2021. 

Baca: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Diundur, Apa Kendalanya, Ini Penjelasan BKN

Fachrul Razi bersama beberapa Senator berada di Provinsi Sulawesi Barat dalam rangkaian kunjungan kerja DPD-RI ke beberapa daerah di Indonesia.

“Saya meminta kepada Menteri Dalam Negeri agar sesegera mungkin memproses dan menyiapkan segala  yang diperlukan untuk transformasi Kabupaten Mamuju menjadi Kota Mamuju,” katanya.

Baca: Pemerintah Pacu Ekspor Porang Sampai 4 Kali Lipat dalam Setahun, Siap-siap, Petani Bakal Kaya

“Bisa saja satu wilayah kabupaten menjadi satu kota atau dimekarkan menjadi dua wilayah otonom, Kabupaten Mamuju dan Kota Mamuju. Tinggal lihat keterpenuhan persyaratannya sebagai suatu daerah kabupaten/kota,” tambah lulusan master dari Fakultas Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) ini. (*)



Baca juga