Ilustrasi final Liga Champions 2021

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS – Final Liga Champions 2021 antara Manchester City vs Chelsea berpotensi berakhir dengan adu penalti.

Laga antara dua wakil Inggris ini akan berlangsung Minggu (30/5/2021) pukul 02.00 WIB di Estadio do Dragao, Kota Porto, Portugal. Laga ini live di SCTV. 

Melihat performa Manchester City sepanjang musim, termasuk menjuarai Liga Inggris 2020-2021, maka pasukan Pep Guardiola lebih difavoritkan juara. 

Namun, jika mengacu pada data statistik dan catatan pertemuan kedua tim, laga Man City lawan  berpotensi berakhir dengan adu penalti.  

Berdasarkan data statistik, diprediksi tidak akan tercipta banyak gol pada waktu normal 90 menit. Laga bahkan diprediksi berakhir imbang dan pemenang ditentukan lewat tos-tosan (adu penalti). 

Fakta yang memperkuat prediksi minim gol ini adalah solidnya lini belakang kedua tim. Man City dan Chelsea hanya kebobolan empat gol dari total 12 pertandingan sejak fase grup Liga Champions 2020-2021. 

Baca: Lowongan Magang di KAI Services untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat, Terima Uang Saku

Statistik clean sheets Man City dan Chelsea menuju final Liga Champions juga sama, yakni delapan pertandingan tanpa kemasukan gol. 

Fakta lainnya, lini serang Man City dan Chelsea di Liga Champions musim ini juga tidak terlalu istimewa. 

Man City tercatat mencetak 25 gol dari 12 laga sejak fase grup. Sergio Aguero dan kawan-kawn unggul tiga gol dari Chelsea.

Baca: Ini Aturan Baru Penggolongan SIM, Ada CI dan CII untuk Sepeda Motor

Fakta ketiga yang membuat laga final ini berpotensi berakhir dengan adu penalti adalah catatan pertemuan kedua tim musim ini.

Man City tercatat dua kali bertemu Chelsea ketika sudah dilatih Thomas Tuchel yang menggnatikan Frank Lampard. 

Dalam dua laga itu, pertandingan berjalan sangat ketat dan hanya tercipta empat gol. Menariknya, Thomas Tuchel memenangkan dua laga itu. 

Chelsea mengalahkan Man City 2-1 di Liga Inggris dan 1-0 pada semifinal Piala FA. 

Dua bekal kemenangan itu membuat Thomas Tuchel percaya diri timnya bisa juara, meski Man City jauh lebih difavoritkan. 

Dalam konferensi pers, Sabtu (29/5/2021), Tuchel mengemukakan, pemainnya sudah siap mental jika laga harus berakhir dengan adu penalti.

Pelatih asal Jerman itu bahkan mengaku sudah menentukan siapa saja algojo penalti Chelsea. 

Sedangkan pelatih Man City, Pep Guardiola mengaku tidak terlalu memikirkan laga akan berakhir dengan adu penalti. Meski pemainnya juga sudah berlatih adu penalti. (*)



Tags: Chelsea final Liga Champions Man City Man City vs Chelsea Manchester City Pep Guardiola Porto Portugal The Blues Thomas Tuchel

Baca juga