ilustrasi beasiswa

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Universitas Pertamina menganggarkan dana Rp 1,4 miliar untuk beasiswa. Namanya Beasiswa Ujung Negeri.

Beasiswa Ujung Negeri ditujukan bagi siswa-siswi dari wilayah yang masuk daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) yang ingin kuliah.

Budi W. Soetjipto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, melalui rilis resmi Sabtu (15/05/2021) menjelaskan, pihak kampus membebaskan 100 persen uang gedung dan SPP selama masa pendidikan 8 semester atau 4 tahun kuliah. 

Selain gratis biaya kuliah selama 8 semester, masih ada keuntungan atau benefit lainnya.

Penerima Beasiswa Ujung Negeri juga mendapat uang saku bulanan, penggantian biaya transportasi dari daerah asal ke Jakarta, dan biaya premi asuransi kecelakaan.

Pemberian beasiswa ini untuk menggenjot pembangunan di wilayah 3T, seperti yang sedang diupayakan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) dalam 5 tahun terakhir. 

Baca: Tidak Setuju Aturan Baru WhatsApp, Anda tak Bisa Lagi Gunakan 11 Fitur Ini

Menurut data Kemendes PDTT, dari total 122 daerah tertinggal pada tahun 2015, tahun 2020 lalu jumlahnya tinggal 62 daerah. 

Kesempatan Kerja di Pertamina 

Setelah menyelesaikan kuliah di Universitas Pertamina, penerima beasiswa ini diharapkan kembali ke daerah masing-masing untuk mendukung pembangunan setempat. 

Selama kuliah, mereka akan mendapatkan akses magang dan kerja praktik di industri. Termasuk di lingkungan Pertamina grup. 

Baca: Info Terkini: Alm AGH Sanusi Baco Akan Dimakamkan di Tanah Kelahiran

Dengan praktik magang di industri, penerima beasiswa ini akan memiliki bekal yang bermanfaat ketika kembali ke daerahnya atau memasuki dunia kerja. 

Selain itu, lulusa terbaik program ini berkesempatan berkarier atau bekerja di lingkup Pertamina grup, sesuai aturan yang berlaku pada BUMN itu. 

Untuk tahun akademik 2021/2022, beasiswa ini terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2021 dan 2020 yang lulus pada jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5.

Cara Mendaftar 

Pendaftaran jalur SNR5 (Seleksi Nilai Rapor periode 5) dan Beasiswa Ujung Negeri dibuka mulai 4 Mei hingga 21 Juni 2021 melalui online.

Calon pendaftar dipersilakan mengakses laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran. 

Sebagai salah satu persyaratan, peserta seleksi diwajibkan menyusun karya tulis bertema ‘Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina'. 

Selain Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina juga menawarkan 15 jenis beasiswa lainnya. 

Jika berminat, silakan akses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/. (*)



Tags: Bantuan Uang Kuliah beasiswa beasiswa SMA beasiswa SMA/SMK gratis kuliah kuliah gratis Mahasiswa S1

Baca juga