Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (siswa dan mahasiswa) tahun akademik 2021/2022. 

Pendaftaran untuk pendidikan menengah (siswa) dibuka mulai 10 Mei hingga 12 Juni 2021. Sedangkan pendaftaran untuk satuan pendidikan tinggi (mahasiswa) dibuka 10 Mei hingga 8 Juli 2021. 

Satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terdiri atas 13 politeknik serta sebuah Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan yang menyelenggarakan program Diploma IV, III, dan I. 

Satuan pendidikan menengah terdiri dari lima Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), meliputi SUPM Ladong, SUPM Pariaman, SUPM Kotaagung, SUPM Tegal, dan SUPM Waiheru. 

Sedangkan program Diploma IV diselenggarakan oleh Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Politeknik AUP). Program Diploma III diselenggarakan oleh Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Sidoarjo, Bitung, Sorong, Karawang, Bone, Kupang, Dumai, Pangandaran, Jembrana, Aceh, Pariaman dan Maluku. 

Program Diploma I diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AK-KP) Wakatobi. 

Menurut Kepala BRSDM Sjarief Widjaja, satuan pendidikan kelautan dan perikanan (KP) telah menerapkan sistem vokasi dengan pendekatan teaching factory (Tefa). 

Tefa yang dimaksud yakni 70 persen praktik dan 30 persen teori untuk pendidikan tinggi. Kemudian 60 persen praktik dan 40 persen teori untuk pendidikan menengah. 

Dijelaskan, sekolah dan kampus KP, merupakan center of excellence bagi sekolah menengah kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terkait kelautan dan perikanan. 

Penerimaan peserta didik baru Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan BRSDM melalui dua jalur, yaitu jalur umum dan jalur khusus. 

Jalur umum artinya terbuka untuk pendaftar yang berasal dari masyarakat umum. 

Jalur khusus terbuka untuk peserta yang berasal dari anak pelaku utama. Pelaku utama yang dimaksud adalah nelayan, pelaku budi daya ikan, pengolah ikan, petambak garam, dan pemasar perikanan. 

Pada tahun akademik 2021/2022, KKP memberikan kesempatan yang lebih besar kepada anak pelaku utama mengikuti pendidikan di lingkungan KKP, yaitu 55 persen dari total jumlah peserta didik baru yang diterima. 

Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi meliputi seleksi akademik, fisik,  kesehatan, dan  wawancara. 

Calon pendaftar dapat memeroleh informasi lebih lanjut melaui laman http://pentaru.kkp.go.id/



Tags: mahasiswa baru penerimaan mahasiswa baru

Baca juga