Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, hingga Selasa (11/5/2021), hilal 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 Masehi belum terlihat. 

Menurut pemerintah, melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI, hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis (13/5/2021) mendatang. 

Menteri Agama menyampaikan hal dalam konferensi pers hasil sidang isbat yang digelar Kemenag secara daring dan luring pada Selasa malam. 

Menurut Yaqut Cholil, hasil pemaparan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag menyatakan, tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, yaitu berkisar dari minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat.

Ia menambahkan, pemaparan tersebut juga dikonfirmasi oleh pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag RI pada 88 titik di Indonesia. 

Menurutnya, para perukyah di seluruh Indonesia, tidak ada yang melihat hilal. Sedangkan berdasarkan  penghitungan hisab juga 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. 

Baca: PBNU Tetapkan Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah pada 13 Mei 2021, Sama dengan Muhammadiyah, Versi Pemerintah?

Maka secara astronomis atau hisab, hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat dan bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari. 

“Rabu (12/5/2021) besok umat Islam di Indonesia masih akan menjalani ibadah puasa Ramadan, selanjutnya malam Kamis akan takbiran menyambut Idul Fitri," jelas Menteri Agama.

Baca: BREAKING NEWS: Tahun Ini NU dan Muhammadiyah Lebaran Bersamaan, Kamis 13 Mei

Hadir secara fisik dalam sidang isbat Menag Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Ketua Komisi VIII TB Ace Hasan Sadzily. 

Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, dan beberapa perwakilan duta besar negara sahabat. 

Baca: Aplikasi KitaLulus Siap Bantu Pelamar CPNS dan PPPK Lulus Seleksi, Tawarkan Try Out Gratis

Pimpinan ormas, pakar astronomi, Badan Peradilan Agama, serta para pejabat eselon I dan II Kemenag mengikuti jalannya sidang isbat melalui media video telekonferensi.

Sebelumnya, dua ormas Islam di Indonesia, PP Muhammadiyah dan PB Nahdatul Ulama (NU) juga menyampaikan, 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. (*)


Tags: 1 Syawal 1442 H Idul Firti 1442 H Idul Fitri Lebaran Menteri Agama Muhammadiyah Yaqut Cholil Qoumas

Baca juga