Ilustrasi Lailatul Qadar

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Malam Lailatul Qadar 2021 merupakan malam yang paling ditunggu-tunggu pada bulan suci Ramadhan.

Sebab, banyak keutamaan pada malam Lailatul Qadar. 

Malam Lailatul Qadar merupakan malam turunnya ayat pertama Al Quran kepada Rasulullah SAW yang disampaikan Malaikat Jibril. 

Selain peringatan turunnya wahyu Al Quran, malam Lailatul Qadar juga bermakna turunnya malaikat ke bumi dengan berbagai tugas untuk memberikan kedamaian, berkah, dan bimbingan ilahi sampai terbit fajar.

Al Quran menyebutkan, keutamaan Lailatul Qadar lebih besar dan indah dibandingkan seribu bulan. 

Dalam kitab suci Al Quran surat Al Qadr (97) ayat 1-5 berbunyi: 

"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu, apakah malam Qadar itu? Malam Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar." 

Baca: Pemerintah Resmi Tetapkan 11 Mei Penetapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H

Baca: Indofood Buka Banyak Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA/SMK, D3, S1 Berbagai Jurusan

Hal ini menunjukkan betapa mahalnya Lailatul Qadar. Karena mahal, maka Allah SWT pun merahasiakan turunnya, agar hambanya melakukan ikhtiar untuk mencari. 

Rasulullah SAW hanya memberikan kata kunci, yakni Lailatul Qadar lazimnya turun di tanggal-tanggal ganjil pada 10 hari terakhir Ramadhan.

Nu.or.id seperti ditulis Fathoni, Selasa (11/5/2020), menyebutkan, Rasulullah SAW menyambut malam mulia itu dengan beritikaf pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Amalan Doa Rasulullah SAW

Salah satu amalan yang dilakukan Rasullullah SAW pada 10 malam terakhir Ramadhan adalah memperbanyak membaca dan menghayati makna doa berikut:


Tags: Aisyah RA Amalan 10 Malam Terakhir RAmadan Amalan 10 Terakhir Ramadan Amalan Lailatul Qadar Bulan Ramadhan doa Lailatul Qadar Lailatul Qadar malam Lailatul Qadar Rasulullah SAW shalat malam

Baca juga