Ilustrasi final Liga Champions 2021

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS - Dua wakil Inggris, Manchester City dan Chelsea akan bertemu pada final Liga Champions 2020-2021 yang dijadwalkan 29 Mei 2021 mendatang.

Man City untuk pertama kalinya dalam sejarah klub itu maju ke final Liga Champions, setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 4-1. 

Pada leg pertama, Man City mengalahkan PSG 2-1 di kandangnya. Di leg kedua, Man City menang 2-0 melalui brace Riyad Mahrez.  

Jika juara, maka Pep Guardiola akan tercatat dalam sejarah sebagai pelatih pertama yang mampu membawa Man City mengangkat trofi Liga Champions.

Sedangkan Chelsea melangkah ke final setelah menyisihkan Real Madrid dengan agregat 3-1. Real Madrid adalah raja Liga Champions dengan 13 trofi juara.

Pada leg pertama di Stadion Alfredo Di Stefano, Chelsea menahan Real Madrid 1-1. Pada leg kedua di Stadion Stamford Bridge, Chelsea menang meyakinkan 2-0.

Baca: Jadwal Semifinal Liga Europa: AS Roma vs Man United, Arsenal vs Villareal, Siapa Lolos?

Baca: Mencari Lailatul Qadar: Doa dan Amalan yang Dianjurkan pada 10 Malam Terakhir Ramadhan

Laga Manchester City vs Chelsea menjadi All England Final, sebab kedua tim merupakan wakil Inggris.

Namun, ini bukan pertama kalinya terjadi All England Final di ajang Liga Champions. Ini merupakan yang ketiga kalinya.   

Dua All England Final sebelumnya adalah Chelsea vs Manchester United (2008) dan Liverpool vs Tottenham Hotspur (2019). 

Baca: Indofood Buka Banyak Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA/SMK, D3, S1 Berbagai Jurusan

The Blues, julukan Chelsea, punya kenangan pahit pada final sesama tim Inggris, ketika menghadapi Manchester United tahun 2008.

Ketika itu, laga diakhiri dengan adu penalti. Hasilnya, Chelsea gagal juara setelah kapten tim John Terry terpeleset saat eksekusi penalti, sehingga bolanya tidak mengarah ke gawang Manchester United (MU).

Final Liga Champions 2021 akan berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, Sabtu (29/5/2021) waktu setempat atau Minggu (30/5/2021) dini hari WIB. (*)



Tags: Chelsea final Liga Champions Jadwal Liga Champions Man City Manchester City Pep Guardiola Thomas Tuchel

Baca juga