Jusuf Kalla

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla melaksanakan shalat ghaib untuk mendoakan 53 awak KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur, Minggu (25/4/2021) malam WIB. 

JK didampingi istri, putra-putri, cucu, bersama pengawalnya dari Paspampres dan Polri melaksanakan shalat ghaib berjamaah di kediamannya, Jalan Brawijaya No 6, Jakarta Selatan.

Usai shalat ghaib, JK yang mantan wakil presiden (wapres) menyampaikan belasungkawa mendalam atas gugurnya 53 awak kapal selam yang hilang sejak Rabu (21/4) lalu itu. 

JK mengajak masyarakat untuk mendoakan para awak kapal yang gugur dalam tugas tersebut. 

Menurut JK, mereka mati syahid karena gugur dalam tugas untuk kepentingan bangsa dan negara.

Baca: Plt Gubernur Sulsel Sampaikan Duka yang Dalam dan Tetap Harapkan Kru KRI Nanggala 402 Selamat

Baca: 22 Bandara Sudah Terapkan GeNose untuk Deteksi Covid-19, Termasuk Makassar, Ini Daftarnya

JK sebagai pimpinan pusat DMI mengimbau seluruh jajaran pimpinan DMI tingkat wilayah, daerah, cabang, ranting serta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau takmir masjid melakukan shalat ghaib untuk mendoakan 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur. 

Hal ini juga ditegaskan JK melalui surat edaran yang ditandatanganinya, setelah Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021), menyatakan 53 awak KRI Nanggala-402 telah gugur. 

Dalam surat edaran itu, PP DMI mengimbau pelaksanaan shalat ghaib berjamaah dilaksanakan pada momen terbaik berkumpulnya banyak jamaah, yakni setelah shalat Isya dan sebelum pelaksanaan shalat tarawih.   

PP DMI juga menyampaikan doa agar seluruh keluarga -53 awak kapal Nanggala-402 diberi kekuatan dan ketabahan lahir dan bathin serta senantiasa memperoleh curahan rahmat dari Allah SWT. (*)



Baca juga