Korwil Apersi Ajatappareng Andi Asbullah Akib (kiri), Pengurus Apersi Sulsel Muhammad Bahri Bali (tengah), dan Wakil Sekretaris Apersi Sulsel Asy’ari Abdullah saat mempersiapkan paket untuk Apersi Ramadhan Berbagi 1442 H di Parepare, Jumat (23/4/2021).

MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM -Panitia Apersi Ramadhan Berbagi 1442 Hijriyah akan menggelar acara buka puasa bersama untuk wilayah Ajatappareng, Sabtu (24/4/2012). Acara akan dipusatkan di Kompleks Perumahan Graha Lasinrang, Kelurahan Benteng Sawitto, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang.

Yang akan menjadi host di event ini adalah Andi Asbullah Akib, owner PT Aqsha Graha Property yang juga pengembang Perumahan Graha Lasinrang. Andi Asbullah juga adalah Koordinator Apersi Wilayah (Korwil) Ajattapreng ini.

Ketua Panitia Apersi Ramadhan Berbagi 1442 Hijriyah, Rohandi, mengatakan, dalam acara buka puasa ini, akan dibagikan 3 unit rumah gratis serta ratusan paket Ramadhan. Rumah yang akan dibagikan merupakan sumbangan dari Andi Asbullah Akib satu unit dan dua dari anggota Apersi lainnya yaitu PT Cahaya Ilahi Barokah milik Muhammad Bahri Bali.

Sedangkan ribuan paket ini, dibagai juga di Pinrang, Sidrap, Parepare dan sekitarnya. “Distribusi paket diserahkan ke teman-teman anggota Apersi di daerah Ajatappareng,” kata Rohandi.

Acara di Pinrang ini, kata Rohandi, merupakan rangkaian amaliah Ramadhan Apersi Sulsel, yang puncaknya akan berlangsung di Hotel Claro, Makassar, 3 Mei mendatang. Total rumah yang dibagi adalah 9 unit dan 5.000 paket Ramadhan.

Andi Asbullah mengatakan, rumah sumbangannya itu akan diberikan kepada seorang hafidz Al Qur’an yang juga imam masjid di kompleks tersebut, Sofyan Haditurahman. Ustad Sofyan, berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat yang sudah 3 tahun tinggal di Kompleks Graha Lasinrang mengajar anak-anak para calon hafidz Qur’an.

Rumah tersebut nantinya akan menjadi milik pribadi sang imam. “Jadi saya serahkan satu unit untuk menjadi milik pribadi Bliau (Sofyan). Bukan semacam rumah “dinas” imam,” kata Andi Asbullah. Rencananya, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, akan menyerahkan rumah tersebut secara simbolis di acara ini.

Tahun 2019 lalu, Apersi Ramadhan Berbagi juga melakukan kegiatan yang sama di tempat tersebut. Saat itu, Andi Asbullah juga menyerahkan satu unit rumah khusus untuk rumah tahfidz.

Di Kompleks Graha Lasinrang kini telah berdiri lebih dari 700 unit rumah dan area perumahan terus diperluas.  Selain di Pinrang, Andi Asbullah juga punya lokasi perumahan di Kabupaten Soppeng dan Bone.

Sedangkan yang akan diserahkan oleh Muhammad Bahri adalah dua unit rumah di Kabupaten Sidrap. Rumah tersebut tidak masuk di lokasi perumahan tapi di tengah-tengah perkampungan warga.

“Awalnya, ketika melihat rumah mereka yang sangat memprihatinkan, saya hanya mau merenovasi atau semacam bedah rumah saja. Tapi, secara fisik rumah lama itu sudah tidak memungkinkan lagi. Jadi, dirobohkan saja semua kemudian dibangunkan rumah baru di tempat yang sama,” kata Bahri.

Muhammad Bahri mengelola perumahan di bawah bendera PT Cahaya Ilahi  Barokah berlokasi di Kota Parepare. Saat ini, sudah terbangun sekira 1.000 di atas lahan 13 hektare. “Perumahan saya baru di satu titik yaitu di Parepare. Insya Allah lahan akan terus berkembang dan saat ini sudah ada 13 hektare,” kata Bahri.

Rencananya, pengurus Apersi Sulsel akan berangkat ke Pinrang Sabtu, 24 April 2021 siang, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD Apersi Sulsel, H Yasser Latief. Yasser mengaku salut melihat antusiasme para anggota Apersi untuk terus berbagi ke sesama.

Baca: Apersi Ramadhan Berbagi 2021: Sudah Terkumpul 9 Rumah Gratis dan 5.000 Paket Ramadhan

Baca: Apersi Ramadhan Berbagi 1442 H: Nuansa Berbeda, Yasser Pimpin Acara Grebek Sahur Anak Panti

Baca: Haji Darwis Dg Nai, Penyumbang 5 Rumah Gratis di Apersi Ramadhan Berbagi 1442 H

“Memang dalam pergaulan kita di Apersi, tidak melulu bahas soal bisnis. Soal persiapan ke akhirat juga selalu menjadi topik bahasan. Dan, Alhamdulillah, rasa-rasanya itu malah memperlancar rejeki teman juga,” kata Yasser yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Parepare ini.

Di acara ini juga dijadwalkan hadir para stakeholder khususnya para pimpinan dan karyawan perbankan setempat seperti Bank BTN, Bank BTN Syariah, Bank BNI, Bank BRI, Bank BPD, Bank BPD Syariah, dan jajaran pemerintah setempat.(*) 

 


Baca juga