Jose Mourinho

Mou
THENEWSULSEL.COM, INGGRIS – Pelatih yang menjuluki dirinya The Special One, Jose Mourinho dipecat sebagai pelatih Tottenham Hotspur, Senin (19/4/2021) sore WIB. 

Pengumuman pemecatan pelatih asal Portugal itu diunggah di laman resmi klub Tottenham. Dalam pengumuman itu disebut, Jose Mourinho dipecat bersama staf kepelatihannya. 

"Hari ini, klub mengumumkan bahwa Jose Mourinho dan staf pelatihnya Joao Sacramento, Nuno Santos, Carlos Lalin, dan Giovanni Cerra, telah dibebastugaskan," tulis laman resmi Tottenham. 

Tottenham Hotspur selanjutnya menunjuk Ryan Mason untuk menangani sesi latihan skuad utama yang berlaga di Liga Inggris. 

Pemilik Tottenham Hotspur, Daniel Levy memuji daya tahan Mourinho selama masa pandemi Covid-19. Sambil mengucapkan terima kasih atas kerja sama pelatih dan manajemen klub selama ini.  

"Secara pribadi saya menikmati bekerja dengan dia (Mourinho) dan menyesali ketika ada hal-hal tidak berjalan seperti yang kami berdua bayangkan,"  kata Daniel Levy.

Baca: Jadwal Piala Menpora: Lupakan Kekecewaan, PSM Makassar Bersiap Perebutan Juara 3, Ini Calon Lawan

Baca: Kenapa Ya? Erick Larang Pertamina Taruh Duit Sepeser pun di Pertashop

"Dia akan selalu diterima di sini dan kami harus berterima kasih padanya dan staf pelatihnya atas kontribusinya," tambahnya. 

Jose Mourinho bergabung dengan Tottenham pada November 2019. Menggantikan pelatih Mauricio Pochettino, yang kini menangani Paris Saint-Germain (PSG). 

Mourinho sebenarnya masih terikat kontrak hingga 2023, namun manajemen Tottenham memilih memutus kontrak mantan pelatih Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, dan Manchester United itu.

Pada musim pertamanya (2019-2020), Mourinho membawa Tottenham finis di urutan keenam klasemen Liga Inggris. 

Musim 2020-2021, Mourinho membawa Tottenham berjuang di berbagai kompetisi yaitu Liga Inggris, Piala FA, Liga Europa, dan Piala Liga Inggris. 

Musim 2020-2021 ini, Tottenham sekarang menempati peringkat ketujuh Liga Inggris dengan koleksi 50 poin dari 32 laga. Sementara itu, di Piala FA dan Liga Europa, Tottenham telah tersingkir dari persaingan. 

Pada Piala Liga Inggris musim ini, Mourinho berhasil membawa Tottenham ke partai final untuk berhadapan Manchester City di Stadion Wembley pada 25 April 2021. Salah satu laporan menyebutkan, pemecatan Jose Mourinho berkaitan dengan kehebohan wacana European Super League. Salah satu klub pelopornya adalah Tottenham Hotspur.

Mourinho yang tidak setuju dengan wacana European Super League disebut menolak membawa para pemain Tottenham ke tempat latihan. 

Sumber lain menyebutkan, pemecatan Mourinho karena rendahnya pencapaian Tottenham di Liga Inggris musim ini. 

Tottenham dipastikan gagal ke Liga Champions musim depan. Bahkan terancam tidak lolos ke Liga Europa. 

Sebelumnya, Mourinho juga dipecat oleh manajemen Manchester United karena buruknya pencapaian Paul Pogba Cs di Liga Inggris. (*) 



Tags: Chelsea Jose Mourinho Jose Mourinho dipecat Manchester United pelatih Tottenham Real Madrid Tottenham Tottenham Hotspur

Baca juga