ilustrasi aplikasi berbagi pesan WhatsApp

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Aplikasi berbagi pesan WhatsApp (WA) sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. 

Karena itu, banyak orang yang memilih bergabung di grup-grup WA. Sebab, memudahkan komunikasi, terutama jika ada informasi yang harus disampaikan ke banyak orang dalam waktu tertentu.  

Anggota grup WA beragam latar belakang pendidikan, ekonomi, dan budaya. Karenanya, karakter penghuni grup WA juga beragam. 

Karena beragam karakter itu, maka kadang-kadang isi percakapan grup tidak terarah. Hal ini biasanya membuat anggota grup lainnya merasa tidak nyaman.

Meski sudah tidak nyaman, biasanya anggota grup WA sungkan keluar. Maka biasanya yang dilakukan adalah membisukan (mute) grup itu dengan memilih opsi "selalu" atau selamanya. 

WhatsApp memang belum memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya keluar dari grup tanpa diketahui. Pasalnya, jika ada anggota keluar, grup WA akan memunculkan notifikasi siapa yang meninggalkan grup. 

Baca: Lowongan Kerja Kimia Farma untuk Lulusan D3 dan S1, Termasuk Fresh Graduate

Baca: Gratis Ganti Buku Nikah yang Hilang atau Rusak, Urus di KUA, Lapor ke Nomor Ini Jika Ada Pungli

Tapi, ternyata ada trik yang dapat digunakan jika ingin keluar dari grup WA diam-diam. Caranya cukup rumit, sehingga perlu waktu khusus. 

Mengutip kompas.com, salah satu caranya adalah mengganti nomor WA yang digunakan. 

Siapkan satu nomor cadangan untuk dipasang sementara, lalu menggantinya ke nomor lama setelah proses keluar dari grup WA secara diam-diam selesai dilakukan. 

Baca: Lowongan Kerja Charoen Pokphand, Terima Lulusan D3-S1 Peternakan dan Teknik

Sebagai antisipasi, cadangkan dulu semua data percakapan ke penyimpanan awan (cloud) seperti Google Drive atau iCloud. 

Langkah berikut, untuk mengubah nomor WhatsApp, buka menu setting (pengaturan) > (account) akun > (change number) ganti nomor.

Lalu, masukkan nomor lama dan nomor baru (nomor sementara). Anggota grup tetap akan menerima notifikasi bahwa akun itu telah mengganti nomor tanpa memunculkan nomor barunya. 

Setelah nomor berubah, silahkan buka grup WA yang ingin ditinggalkan. Ketuk nama grup yang ada di sisi atas, gulir ke bawah dan pilih "keluar grup". 

Tahap terakhir, ganti nomor dengan nomor sebelumnya jika proses telah selesai. 

Caranya sama dengan langkah di atas yaitu mengakses menu "ganti nomor" lalu ikuti langkah verifikasi yang diminta sebelum menggunakannya lagi dengan normal. 

Cara lainnya, mengubah foto profil dan nama akun WhatsApp, lalu diam-diam keluar dari grup WA.

Tapi, cara ini kurang cocok dilakukan jika sudah banyak anggota grup yang menyimpan kontak kita. 

Pasalnya, notifikasi yang muncul di grup nantinya berdasarkan nama penyimpanan kontak, bukan nama akun WhatsApp pengguna. (*)



Tags: fitur WhatsApp WhatsApp

Baca juga