Ilustrasi siklon tropis

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan peringatan dini kepada kepala daerah (gubernur) pada 30 provinsi di Tanah Air. 

BNPB menyampaikan pesan dini kepada para kepala daerah itu terkait informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang ancaman bibit siklon (angin ribut) tropis 94W yang diduga akan mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia. 

Menurut Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Selasa (13/4/2021), pihaknya sengaja menyampaikan informasi sedini mungkin agar pemerintah daerah segera menyusun langkah-langkah antisipasi mitigasi bencana. 

Lilik Kurniawan dalam keterangan tertulis menambahkan, BNPB berharap, dengan informasi awal ini, pemerintah daerah dapat meningkatkan kewaspadaan potensi cuaca eksterem, seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, dan hujan es.

Begitu juga dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan  jalanan licin.

Lilik Kurniawan berharap, pemerintah daerah melakukan koordinasi antar lembaga terkait untuk memberikan informasi pada masyarakat mengenai kemungkinan ancaman angin siklon. 

Baca: Mendikbud Ajak Mahasiswa Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Pendaftaran Juli 2021

Baca: Puluhan Lowongan Kerja Indofood, Ada Penempatan di Kota Makassar, Lihat Syaratnya

Di antara 30 wilayah yang mendapat pesan peringatan dini dari BNPB, termasuk Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Provinsi lainnya adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten DKI Jakarta, Jawa Barat, jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. 

Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan.

Kemudian Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, , Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. 

Baca: Kemenhub Perbolehkan Warga Sulsel Mudik di Empat Kabupaten Ini

Mengutip kompas.com, BMKG menyampaikan, bibit siklon tropis 94W di Samudera Pasifik dan Timur Laut Papua berpotensi menjadi siklon tropis dalam waktu seminggu ke depan. 

Menurut BMKG, bibit siklon tropis akan memengaruhi cuaca di bagian utara Indonesia, seperti Sulawesi, Kepulauan Maluku, Papua Barat, Papua dan sejumlah wilayah lannya. 

Karena ancaman bibit siklon itu, diperkirakan akan terjadi hujan lebat hingga sangat lebat disertai angina kencang dan tinggi gelombang pada periode 13-19 April 2021. (*)



Tags: angin kencang angin ribut Bencana alam bibit siklon bmkg BNPB Provinsi Sulawesi Selatan Provinsi Sulsel siklon tropis siklon tropis 94W

Baca juga