Ilustrasi: Minum air kelapa muda

THENEWSULSEL.COM-Ginjal adalah salah satu organ penting yang ada dalam tubuh manusia.

Ginjal berfungsi untuk menyaring dan membuang limbah yang ada dalam tubuh seperti racun, garam berlebih, dan urea.

Urea yang telah terbentuk dalam tubuh akan diangkut melalui darah ke ginjal dan selanjutnya akan dibuang.

Tanpa adanya ginjal, maka limbah dan racun akan menumpuk dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ginjal salah satunya adalah mengonsumsi minuman yang dapat membersihkan ginjal.

Berikut ini daftar 6 minuman yang dapat membersihkan ginjal, yang telah dirangkum  dari berbagai sumber.

1. Jus wortel

Wortel kaya akan kandungan serat dan juga karoten yang dapat membantu tubuh melawan kanker dan juga menghilangkan racun, logam berat dari ginjal.

Serat yang terkandung dalam wortel akan membantu mengikat toksin dan menghilangkannya dari dalam tubuh.

2. Air kelapa

Air kelapa adalah salah satu minuman yang menyegarkan dan juga alami dan tentunya baik untuk ginjal. Dalam minuman ini, terkandung sedikit gula, kurang asam, nol kalori, dan juga elektrolit tinggi yang membantu meningkatkan fungsi ginjal secara tepat.

Selain itu juga, air kelapa dapat membantu menghidrasi tubuh hanya dengan meminumnya.

3. Perasan lemon

Secara alami jus lemon bersifat asam dan juga terbukti dapat meningkatkan kadar sitrat yang ada pada urin. Hal tersebut dapat membantu menurunkan pembentukan batu ginjal.

Apabila meminum segelas jus lemon setiap harinya maka akan dapat membantu mendetoksifikasi racun.

4. Berry smoothie

Buah-buahan dengan jenis berries seperti blueberry, raspberries, blackberry dan juga cranberry memiliki kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan juga flavonoid yang tinggi.

Antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh dan dengan demikian akan membantu mencegah penyakit ginjal.

5. Jus sayur

Maksud dari jus sayur adalah jus yang berasal dari ekstraksi sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral. Sayuran tersebut seperti, seledri, mentimun, bayam dan selada yang bagus untuk ginjal.

6. Smoothie nanas

Nanas kaya akan kandungan nutrisi dan juga antioksidan. Dalam buah nanas terkandung phytonutrisi yang biasa disebut dengan bromelin atau enzim.

Baca: Sehatkan Ginjal, Turunkan Kolesterol, Ini 9 Manfaat Ajaib Daun Seledri

Baca: Rasa Memang Pahit Tapi Khasiatnya Sungguh Manis Buat Kesehatan, Juga Mampu Mencegah Covid-19

Di mana enzim berfungsi untuk memperlancar fungsi ginjal dan mendukung sistem kekebalan tubuh, menenangkan iritasi, dan juga meningkatkan fungsi sistemik.

Baca: AFEB PTMA Jalin Kerjasama PT Unilever Indonesia Tbk, Bantu Wirausaha Mahasiswa

Itulah 6 minuman yang dapat membantu membersihkan ginjal, walau rajin mengonsumsi minuman tersebut, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.(*)


Baca juga