Ilustrasi Guru Penggerak

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI kembali membuka pendaftaran seleksi calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik (pendamping).

Kali ini merupakan angkatan ke-4. Pendaftaran yang dibuka sejak 22 Maret 2021 ini untuk guru jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Terbuka juga untuk guru SLB dan SMK. 

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Praptono menjelaskan, rekrutmen calon Guru Penggerak dibuka untuk 8.000 orang dan 1.679 orang Pengajar Praktik. 

Praptono dalam laman resmi Kemendikbud RI, Kamis (1/4/2021), mengemukakan, pada angkatan sebelumnya, Kemendikbud sudah merekrut total 5.600 calon guru penggerak dan 1.000 lebih pengajar praktik. 

Angkatan ke-4 ini menyasar daerah yang lebih luas lagi yakni guru pada 160 kabupaten/kota di Indonesia. 

Rencananya, program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-4 dimulai 8 Oktober 2021 hingga Agustus 2022. 

Mereka yang lolos seleksi akan mengikuti pendidikan Guru Penggerak menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama sembilan bulan. 

Baca: Inilah Harga Terbaru BBM Mulai 1 April, Lihat Daftar Harganya, Beda Tiap Daerah

Baca: Alhamdulillah, Arab Saudi Izinkan Indonesia Kirim Jemaah Haji 2021, Ini Syarat dan Ketentuannya

Menurut Praptono, program ini dirancang untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan.

Karena itu, 70 persen kegiatan dilakukan dalam bentuk on the job learning (belajar di tempat kerja). Guru sebagai peserta PGP tetap bertugas mengajar dan menggerakkan komunitas di sekolah.

Selebihnya 20 persen kegiatan dirancang dalam bentuk kegiatan belajar bersama rekan sejawat, dan 10 persen berupa pembelajaran bersama narasumber, fasilitator, dan pengajar praktik. 

Tahapan Seleksi Angkatan ke-4 

Tahap pertama: pendaftaran 22 Maret - 24 April 2021. 

Pada tahap ini, pelamar melakukan pengisian biodata, esai, mengunggah dokumen, dan mengikuti Tes Bakat Skolastik (TBS). 

Tahap kedua: proses seleksi simulasi mengajar dan wawancara pada 5 Juli - 28 Agustus 2021 

Tahap ketiga: pengumuman hasil seleksi calon Guru Penggerak angkatan ke-4 pada 7 September 2021. 

Program Guru Penggerak bertujuan menyiapkan para guru menjadi pemimpin pembelajaran masa depan, baik sebagai calon kepala sekolah, pengawas sekolah, atau  instruktur pelatihan guru. 

Program ini menitikberatkan pada kemandirian guru mengembangkan profesi dan kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership). 

Kemendikbud berharap, Guru Penggerak hadir sebagai mentor atau coach bagi rekan guru lain dan menjadi agen perubahan ekosistem pendidikan yang berfokus kepada siswa. 

Guru yang berminat ikut program ini dapat memeroleh informasi selengkapnya di laman Program Guru Penggerak yakni https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.


Tags: Guru Guru Penggerak Kemendikbud Kemendikbud RI Nadiem Makarim program guru penggerak

Baca juga