Dr Ihyana Malik (kedua dari kanan)

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Dekan Fisip Unismuh Makassar periode 2017-2021 Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si, kembali diberi amanah periode kedua jadi dekan untuk masa kerja 2021-2025.

Doktor administrasi publik PPs-UNM ini secara resmi dilantik oleh Pelaksanan Harian Rektor Unismuh Makassar, Dr. Ir.H.Muh Rakhim Nanda, MT. IPM, atas nama  Rektor Uniasmuh Makassar pada Kamis (1/4/2021) di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar.

Ihyani Malik dilantik bersama dengan lima dekan lainnya, Dekan FKIP, Erwin Akib S.Pd, Ph.D, Dekan FEB, Dr. Andi Jam'an SE M.Si, Dekan Pertanian, Dr. Ir Andi Khaeriyah M.Pd, Dekan Teknik, Dr. Hj Nurmawaty ST MT IPM dan Dekan FAI, Dr. Amirah Mawardi S.Ag, M.Si.

Dalam rilisnya, Kamis (1/4/2021) usai dilantik Ihyani Malik tegaskan, posisi dekan yang diamanahkan persyarikatan Muhammadiyah akan dilaksanakan secara ikhlas dan akan bekerja lebih maksimal lagi.

Empat tahun ke depan menjadi tantangan untuk terus meningkatkan kualitas dan pencapaian yang telah diperoleh pada periode pertama menjalankan amanah selaku dekan.

Program strategis yang akan dilaksanakan termasuk fakultas dan prodi dapat berdaya saing pada skala Asean (Asia Tenggara). 

“Civitas akademika, mahasiswa, sumber daya dosen dan tenaga non kependidikan  terus dipacu agar mampu berdaya saing pada skala Asean,” katanya. 

Baca: Seleksi Guru Penggerak Dibuka Lagi, Disiapkan jadi Kepala Sekolah, Begini Cara Daftar

Baca: Inilah Harga Terbaru BBM Mulai 1 April, Lihat Daftar Harganya, Beda Tiap Daerah

Saat ini tiga program studi dikelola terakreditasi dari BAN-PT, Prodi Ilmu Administrasi dengan nilai A, Prodi Ilmu Pemerintahan nilai A serta Prodi Ilmu Komunikasi dengan nilai B. 

Capai akreditasi kedua prodi akan terus ditingkatan agar senantiasa memiliki daya saing.

Saat ini ada dua prodi yakni Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan mengelola kelas bilingual dengan menggunakan bahasa pengantar Indonesia dan Inggris. 

Baca: Alhamdulillah, Arab Saudi Izinkan Indonesia Kirim Jemaah Haji 2021, Ini Syarat dan Ketentuannya

Selain itu, sumber daya dosen dan jabatan fungsional pada dosen untuk empat tahun ke depan akan terus ditingkatkan. 

Dosen dimotivasi melanjutkan jenjang pendidikan S3 serta mengurus jabatan fungsional lektor, lektor kepala dan guru besar.

Terkait pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Fisip Unismuh Makassar berhasil meloloskan dua proposal dari prodi Ilmu Pemerintahan dan Prodi Ilmu Komunikasi tentang Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbud RI yang  diumumkan 31 Agustus 2020.

Pada program Kampus Mengajar untuk mahasiswa angkatan pertama 2021, ada lima mahasiswa yang berhasil lolos serta ada empat Dosen Pendamping Lapangan Kampus Mengajar untuk Mahasiswa. 

“Civitas akademika Fisip Unismuh Makassar juga berbangga dengan lolosnya dua dosen seleksi reviewer nasional pengelolaan jurnal serta reviewer Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM),” tandasnya. 

Kedua dosen itu Sekretaris Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Ahmad Harakan Jamal, S.IP, M.Hi reviewer jurnal nasional dan juga sekaligus pengelola Jurnal Otoritas diterbitkan Ilmu Pemerintahan dengan status Sinta 2. Dosen kedua, Ketua Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, Nasrul Haq, S.Sos, MA, diamanahkan hadi reviewer  PKM.

Ihyani Mali, lahir di Makassar 15 Mei 1971. Mulai jadi dosen di Fisip Unismuh Makassar pada 1999. Menyelesaikan studi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar 1994. 

Magister Administrasi Publik PPs-Unhas 2001 dan. Doktor Administrasi Publik PPs-UNM 2013

Diberi amanah sebagai Sekretaris Penjaminan Mutu Unismuh Makassar 2005. 

Jadi Wakil Dekan II Fisip Unismuh Makassar selama dua periode, Wakil Ketua Aisyiah Kabupaten Takalar, serta  Tim Seleksi Anggota KPU di beberapa kabupaten dan kota se-Sulsel. (*)



Tags: Unismuh Makassar

Baca juga