Polisi berjaga di sekitar Gereja Katedral Makassar setelah terjadi ledakan bom bunuh diri di depan rumah ibadah ini, Minggu (28/3/2021). (foto: Antara)

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Sehari setelah ledakan bom bunuh diri yang dilakukan dua orang di depan Gereja Katedral Makassar, Jl Kajaolalido Makassar, Minggu (28/3/2021) pagi WITA, Polri mengungkap identitas pelaku.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/3/2021), mengungkapkan, pelaku bom bunuh diri itu merupakan pasangan suami istri. Keduanya diketahui baru menikah enam bulan yang lalu. 

Irjen Argo menjelaskan, identitas pelaku pria yaitu L. Sedangkan wanita berinisial YSF, seorang pegawai swasta. 

Disebutkan, keduanya merupakan bagian dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang pernah melakukan aksi serupa di Katedral Our Lady of Mount Carmel, Pulau Jolo, Filipina Selatan. 

Mengutip kompas.com, Irjen Argo mengemukakan, pelaku berafiliasi dengan JAD.

Ia menambahkan, penyelidikan kepada pelaku bom bunuh diri masih terus dilakukan. Sejumlah tempat sudah digeledah untuk mencari bukti-bukti lain, termasuk rumah pelaku. 

Baca: Ketua Muhammadiyah Sulsel: Tindak Tegas Dalang Bom Makassar, Ciderai Nilai Kemanusiaan

Baca: Update Penerimaan CPNS 2021: Inilah Formasi Paling Banyak Diterima dan Link Pendaftaran

"Kita tunggu hasil kerja anggota di lapangan, dan kami berharap semua dapat diungkap dengan jelas," katanya.

Dalam insiden ini, 19 orang terluka. Tercatat 15 orang masih dirawat di rumah sakit, yakni RS Bhayangkara Makassar dan RS Siloam. (*)



Tags: bom bunuh diri bom Gereja Katedral Gereja Katedral Gereja Katedral Makassar Polri

Baca juga