Ilustrasi pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19. (foto: ist)

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Beberap waktu lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengeluarkan kebijakan yang membolehkan pihak keluarga melakukan ziarah ke pemakaman khusus Covid-19 Sulsel di Macanda, Kabupaten Gowa. 

Namun, ada syaratnya. Peziarah harus melakukan  pendaftaran secara online di laman www.ziarahsulselprov.com. Pendaftaran dibuka mulai 22 Maret 2021 lalu.

Setelah mendaftar, silakan menunggu konfirmasi jadwal ziarah yang dikirim melalui email atau WhatsApp. 

Jika butuh informasi yang lebih rinci, warga bisa menghubungi call center 24 jam Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan, nomor telepon 082154021119/0811444811. 

Juru bicara Satgas Covid-19 Sulsel Husni Thamrin, Rabu (24/3/2021) menjelaskan, Plt Gubernur Sulsel menerbitkan surat edaran pada 12 Maret 2021 yang membolehkan ziarah di pemakaman khusus Covid-19 Macanda. 

Pemprov Sulsel mengambil kebijakan ini karena banyaknya permintaan masyarakat. Apalagi menjelang bulan Ramadhan, warga lazimnya siarah ke makam keluarga. 

Baca: Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran Sekarang Bisa Dicetak Sendiri, Begini Caranya

Baca: Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik di Sulsel

Mengutip kompas.com, kebijakan membolehkan ziarah di pemakaman Covid-19 juga setelah mendapat rekomendasi dari tim pakar Covid-19 Sulsel.

Rekomendasi itu menyebutkan, bisa saja dilakukan ziarah asalkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Karena itu, Satgas Covid-19 Sulsel menerapkan pendaftaran online sehingga peziarah tidak datang bersamaan dan menimbulkan kerumunan.

Pada saat mendaftar secara online, warga akan memilih waktu ziarah yakni hari dan jam kedatangan. Hal ini memungkinkan Satgas Covid-19 Sulsel melakukan pengaturan. 

Dijelaskan, kunjungan peziarah dibatasi pagi hari mulai pukul 09.30 hingga 11.30 Wita. Pada sore hari pukul 15.30 hingga 17.30 Wita. 

Husni menjelaskan, sesuai data hingga awal pekan ini, sebanya 980 jenazah Covid-19 yang dimakamkan di pemakaman khusus Macanda.

Karena itu, pihaknya memprediksi, banyak peziarah yang akan datang hingga menjelang hari H Ramadhan pada pertengahan April 2021. (*)



Tags: Andi Sudirman Sulaiman Macanda Macanda Gowa pemakaman khusus Covid-19 Pemprov Sulsel Plt Gubernur Sulsel Satgas Covid-19 Sulsel ziarah kubur

Baca juga