ilustrasi gempa bumi

THENEWSULSEL.COM, PAPUA – Gempa mengguncang Provinsi Papua Barat dengan kekuatan magnitudo M 5,3 pada Sabtu (20/3/2021) pukul 14.54 WIB.

Informasi ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,08 LS dan 134,02 BT.

Bambang Setiyo menyebutkan, lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 57 km arah Tenggara Kaimana, Papua Barat pada kedalaman 10 km.

Dijelaskan, jika mengacu pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan  jenis gempa bumi dangkal karena adanya aktivitas sesar lokal.

Menurut Bambang Setiyo, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar geser (Strike Slip).

Meski berlokasi di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Mengutip kompas.com, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kaimana dengan skala intensitas IV MMI. Dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Di wilayah Nabire, getaran dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu. (*)



Tags: gempa

Baca juga