ilustrasi CPNS

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Kabar terbaru penerimaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. 

Menurut Tjahjo Kumolo, Kemenpan RB akan mengumumkan komposisi atau formasi kebutuhan rekruitmen CPNS pada akhir Maret 2021. 

"Akhir Maret kami akan mengumumkan (komposisi kebutuhan) kementerian berapa yang membutuhkan, lalu untuk posisi apa saja, guru yang dibutuhkan apa saja, tenaga penyuluh apa saja," jelas Tjahjo Kumolo dalam rilis video kepada media, Rabu (17/3/2021).

Manpan RB menjelaskan, total Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK) yang dibutuhkan tahun 2021 ini sebanyak 1,3 juta orang.

Untuk formasi guru yang mendapat jatah atau kuota 1 juta PPPK, Tjahjo Kumolo mengemukakan, pemerintah akan mengevaluasi kebutuhan di daerah (pemda) maupun Kementerian Agama (Kemenag).

Sisanya yang 300 orang merupakan kuota ASN pemerintah daerah (pemda) dan instansi-instansi pemerintah pusat. 

Baca: Beasiswa S2 dan S3 di Malaysia, Tunjangan Bulanan Rp 5 Juta, Cara Mendaftar?

Baca: Merokok di Pesawat, Anggota DPR dari PDIP Menghebohkan Medsos

Sebelumnya, Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN RB Teguh Widjinarko menyampaikan,  pengumuman formasi ASN (CPNS dan PPPK)  dilaksanakan serentak oleh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah pada akhir  Maret 2021. 

Setelah formasi diumumkan Maret, pendaftaran akan dibuka pada April hingga Mei nanti. Tahap berikutnya, Juni 2021, mulai dilakukan seleksi atau tes. (*)



Tags: CPNS 2021 Formasi CPNS Penerimaan ASN Penerimaan CPNS PPPK

Baca juga