Ilustrasi: Jogging

THENEWSULSEL.COM- Berjalan kaki adalah salah satu jenis aktivitas fisik yang kerapkali diabaikan. Padahal, berjalan kaki memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun mental.

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga ringan dan cukup mudah untuk dilakukan. Berjalan kaki juga memberikan banyak manfaat positif untuk kesehatan fisik dan mental.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa, berjalan kaki setiap hari bisa meningkatkan kreativitas. Olahraga intensitas sedang lainnya juga memberi manfaat yang sama.

Hal ini karena, semakin seseorang aktif untuk bergerak, maka semakin mengalir juga kreativitasnya. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Science pada 2006 juga menmukan bahwa, dengan melakukan aktivitas seperti berjalan kaki ternyata mampu memunculkan ide-ide kreatif.

Riset membuktikan, seseorang mampu menemukan ide-ide baru dengan lebih baik saat berjalan kaki. Menurut sebuah penelitian dari Stanford University, berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas hingga 60 persen, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Hal ini karena, aktivitas berjalan kaki membuka aliran ide yang bebas dan juga merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas fisik pada saat bersamaan.

Tidak hanya itu saja, berjalan kaki dengan rutin ternyata juga baik untuk kesehatan mental. Menurut kepada di bidang nutrisi dari Nucific, berjalan kaki bukan hanya memberikan perasaan puas, akan tetapi juga mendorong tubuh melepas endorfin alami yang dikenal sebagai hormone rasa senang.

Berjalan kaki juga dapat meningkatkan suasana hati dan membantu pelepasan hormone endorfin sehingga seseorang merasa lebih bahagia dan mood menjadi lebih baik.

Baca: Dokter THT: Pakai Earphone saat Berolahraga Berbahaya, Kenapa?

Baca: Kelihatan Sepele, Ternyata Jalan Kaki 15 Menit Punya 5 Manfaat, Memperpanjang Usia

Hormone endorfin ini adalah cairan dalam tubuh yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit dan memicu perasaan senang atau bahagia. Hal ini yang membuat berjalan kaki bermanfaat untuk dapat menghilangkan stress.

Berjalan kaki selama 10 menit ternyata juga sama efektifnya dengan olahraga di gym selama 45 menit yang bermanfaat untuk mengurangi gangguan kecemasan dan depresi.

Baca: Sekprov Sulsel: Kunjungan Presiden Jokowi ke Sulsel Tak Akan Timbulkan Kerumunan

Hal ini karena, berjalan kaki dapat menekan kortisol keluar dari sistem tubuh sehingga membuat seseorang terhindar dari stress.(*)


Baca juga