Fenomena penemuan gunung emas di Kongo

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Pekan ini sedang viral video mengenai penemuan gunung emas di berbagai platform media sosial (medsos) seperti Instagram, Facebook, dan TikTok.

Dalam tayangan video itu tampak masyarakat berkumpul  menggali tanah dengan sekop di dekat lubang galian. Warga kemudian berebut untuk mengumpulkan benda logam kuning yang tampak seperti emas.  

Dalam tayangan video itu terdapat narasi yang menyebutkan bahwa kerumumnan warga itu sedang menggali tanah yang terdapat kandungan emas. 

Pada cuplikan video yang lain, tampak pula orang-orang sedang mencuci bongkahan yang mirip emas.

Mengutip kontan.com, video ini viral setelah diunggah oleh Ahmad Algohbary lewat akunnya di Twitter. Dia merupakan seorang jurnalis lepas.  

A video from the Republic of the Congo documents the biggest surprise for some villagers in this country, as an entire mountain filled with gold was discovered!

They dig the soil inside the gold deposits and take them to their homes in order to wash the dirt& extract the gold. pic.twitter.com/i4UMq94cEh — Ahmad Algohbary (@AhmadAlgohbary) March 2, 2021

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah di dalam endapan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran & mengekstraksi emasnya,” demikian keterangan video yang ditulis Ahmad Algohbary. 

Ketika dikonfirmasi BBC London, sang penguggah video menjelaskan, dia bukan pihak yang merekam dan memiliki video itu. 

BBC melansir, video itu viral sejak Selasa (2/3/2021). Sedangkan wartawan BBC di Kongo, Byode Malenga mengungkapkan, fenomena itu sebenarnya terjadi sejak Februari 2021 lalu. 

Media-media ternama lainnya, seperti Reuters memberitakan, pihak berwenang untuk sementara waktu melarang penambangan di sana.

Baca: Lowongan Kerja Google Indonesia, Terbuka 20 Posisi, Anda Berminat?

Baca: Harga Emas UBS dan Antam Retro di Pegadaian Turun, Lihat Daftarnya

Pertimbangannya, fenomena gunung emas ini telah menarik ribuan orang untuk berbondong-bondong ke lokasi itu.

Apalagi lokasinya di sebuah sebuah desa di Provinsi Kivu wilayah selatan Kongo. Pemerintah mengkhawatirkan terjadi hal-hal yang buruk, jika tidak dilakukan pengawasan yang ketat.  

Menteri Pertambangan Kivu Selatan, Venant Burume Muhigirwa mengungkapkan, penemuan bijih yang kaya kandungan emas pada akhir Februari lalu itu, mengundang ribuan warga datang untuk menggali.

Baca: Jadwal Babak 16 Besar Liga Champions: Real Madrid vs Atalanta dan Chelsea vs Atletico Live SCTV

Kedatangan ribuan orang dari luar tersebut dikhawatirkan menimbulkan masalah besar pada situasi keamanan dan kenyamanan desa kecil itu. 

Penambangan emas dengan peralatan sederhana sebenarnya merupakan pemandangan yang lazim di  Republik Demokratik Kongo. Sebab, di negara ini memang terdapat banyak tambang emas. 

Pemerintah sudah memerintahkan penambang, pedagang, dan anggota angkatan bersenjata Kongo (FARDC) untuk meninggalkan lokasi tambang di dalam dan sekitar Luhihi. 

Menurut Muhigirwa, penangguhan aktivitas penambangan agar pemerintah dapat mengidentifikasi penambang dan memastikan mereka terdaftar dengan benar di regulator pertambangan artisanal. (*)



Tags: fenomena gunung emas gunung emas Kongo penemuan gunung emas Provinsi Kivu Republik Demokratik Kongo