Mendikbud Nadiem Makarim

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pemerintah akan menerima 1,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 yang terdiri atas CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Diantara 1,3 juta itu, yang paling besar adalah formasi untuk PPPK. Termasuk rencana penerimaan 1 juta guru PPPK yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Penerimaan 1 juta guru PPPK itu akan berlangsung di semua pemerintah daerah (pemda) se-Indonesia. Seleksinya melalui daring atau online.

Kapan seleksinya? Menurut Mendikbud RI Nadiem Makarim, ujian atau seleksi guru PPPK akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2021. 

Nadiem Makarim menyampaikan rencana seleksi guru PPPK pada Agustus 2021 dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi X DPR RI, Rabu (10/3/2021).

Karena targetnya 1 juta guru PPPK, maka seleksi direncanakan tiga kali sepanjang 2021 untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para guru honorer ikut seleksi. 

Seleksi selanjutnya akan dilaksanakan pada Oktober dan Desember 2021. 

Baca: Puluhan Lowongan Kerja Holding BUMN Farmasi untuk SMA/SMK, D3, S1, ini Jurusan yang Dibutuhkan

Baca: Hasil Liverpool vs Leipzig 2-0, Salah Cs ke Perempat Final, Lihat Video Gol

Mendikbud menjelaskan, saat ini pemerintah sedang menyelesaikan beberapa tahapan terkait program guru PPPK. 

Pada Maret 2021 ini, tahapannya adalah finalisasi formasi sesuai usulan atau permintaan kuota dari masing-masing pemerintah daerah. Formasi final dari KemenPAN-RB dan sinkronisasi formasi oleh BKN. 

Ia menjelaskan, saat ini Kemendikbud masih menunggu pengajuan formasi PPPK dari pemerintah daerah atau pemda di Tanah Air.  

Baca: Ini Jadwal dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021, Semua Harus Discan

Nadiem menyampaikan, masih banyak pemerintah daerah yang belum mengajukan usulan formasi guru honorer untuk menjadi PPPK. 

Mendikbud menyebutkan, ada 58 daerah yang sama sekali tidak mengajukan formasi guru PPPK. Bukan karena kurang sosialisasi, tapi masih banyak pemda yang tidak yakin program 1 juta guru PPPK. 

Namun, Mendikbud dapat memaklumi situasi ini, karena total formasi PPPK tahun ini mencapai 1 juta. Angka itu sangat besar dan belum pernah dilakukan sebelumnya. 

Seleksi guru PPPK ini terbuka untuk semua guru honorer dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). 

Untuk membantu kelulusan para guru honorer dan PPG, maka Kemendikbud RI akan memberi pembekalan sebelum pelaksanaan ujian atau seleksi. (*)



Tags: Guru guru honorer Seleksi CPNS

Baca juga