Striker Barcelona Lionel Messi merayakan gol penalti ke gawang PSG pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021, Rabu (17/2/2021) lalu.

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Jadwal leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada Kamis (11/3/2021) dini hari WIB, menyajikan dua laga sengit.

Paris Saint-Germain (PSG) menjamu Barcelona live di SCTV pukul 03.00 WIB. 

Pada jam yang sama, Liverpool menghadapi RB Liepzig. Tuan rumah Liverpool punya modal bagus, karena unggul 2-0 pada leg pertama.

PSG juga punya modal bagus menghadapi laga sengit melawan Barcelona. PSG mampu menggasak Lionel Messi dan kawan-kawan 4-1 di Stadion Camp Nou.

PSG hanya membutuhkan hasil imbang untuk menyingkirkan Barcelona. Bahkan PSG tetap lolos ke perempat final (8 besar), jika kalah dengan selisih dua gol.

Sebaliknya, Lionel Messi dan kawan-kawan harus bekerja sangat keras dan butuh keajaiban untuk melangkah ke perempat final. 

Baca: Lowongan Kerja Indofood untuk Makassar dan Kota Lain, Terima Lulusan SMA/SMK, D3, S1

Baca: Beasiswa Djarum Foundation untuk Mahasiswa Dibuka Maret 2021, Begini Syarat dan Cara Daftar

Pasukan Ronald Koeman wajib menang dengan margin 4 gol untuk lolos. Misalnya, menang 4-0 di markas PSG, dini hari nanti. 

Skema lainnya, Barcelona menang dengan agresivitas gol tandang. Misalnya, menang 5-2 atau 6-3.

Situasi ini akan memaksa Barcelona tampil menyerang habis-habisan untuk memburu banyak gol. Karena itu, Ronald Koeman kemungkinan menyiapkan formasi menyerang.

Koeman bisa menampilkan formasi 3-5-2. Lini depan diisi duet Lionel Messi dan Ousmane Dembele atau Antoine Griezmann. Didukung lima gelandang berkarakter menyerang.

Namun, di lini belakang, Barcelona kehilangan bek tengah Gerard Pique yang cedera. Calon penggantinya adalah Samuel Umtiti.

Formasi 3-5-2 sudah beberapa kali diterapkan Barca di kompetisi domestic. Salah satunya ketika comeback melawan Sevilla di Copa del Rey. 

Bagaimana dengan PSG? Tuan rumah kembali tanpa megabintang Neymar Jr karena masih berkutat dengan cedera.

Namun, PSG punya banyak opsi di lini depan. Salah satunya Kylian Mbappe yang mencetak tiga gol ke gawang Barcelona di leg pertama.

Pendamping Mbappe sebagai penyerang adalah striker timnas Argentina Mauro Icardi yang juga rekan senegara Messi.

Di lini tengah, PSG sudah dapat menurunkan gelandang serang yang piawai mencetak gol, Angel Di Maria setelah pulih dari cedera.

Pelatih PSG, Mauricio Pochettino kemungkinan tetap dengan formasi 4-3-3. Artinya, PSG tidak akan bertahan untuk mencari hasil seri. (*)

Prediksi susunan pemain PSG vs Barcelona

PSG (4-3-3): 1-Navas; 24-Florenzi, 5-Marquinhos, 3-Kimpembe, 20-Kurzawa; 27-Gueye, 8-Peredes, 6-Verratti; 11-Di Maria, 9-Icardi, 7-Mbappe. 

BARCELONA (3-5-2): 1-Stegen; 28-Mingueza; 15-Lenglet, 23-Umtiti; 2-Dest, 21-de Jong, 5-Busquets, 16-Pedri, 18-Alba; 11-Dembele, 10-Messi.


Tags: Babak 16 Besar Barcelona Hasil Liga Champions Jadwal Liga Champions Lionel Messi perempat final Liga Champions

Baca juga