Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Ir. Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri peringatan HUT ke-61 Kabupaten Barru, Selasa (9/3/2021) di Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Barru.

Berkaitan peringatan Hari Jadi ke-61 Kabupaten Barru ini, Andi Sudirman juga menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kantor Polres Kabupaten Barru dan peresmian Anjungan Pantai Sumpang Binangae.

Plt Gubernur Sulsel pada momen ini meminta kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, termasuk pemerintah desa, untuk bersama-sama pemerintah provinsi dalam melakukan refocusing anggaran pada sektor kesehatan, stunting, pembangunan, padat karya, pertanian, dan perikanan.

Ia menyampaikan, pemerintah akan melakukan intervensi untuk masyarakat menengah kebawah, sebagai stimulan.

Karena itu, pihaknya meminta pemerintah daerah hingga pemerintah desa untuk refocusing anggaran menyasar sektor kemiskinan, pembangunan, stunting, padat karya, pertanian, dan perikanan.

Baca: Pemprov Sulsel Gelar Forum Pinisi Sultan, Begini Tujuannya

Baca: Lowongan Kerja Bank Bukopin Syariah, Diutamakan Sarjana Hukum, Terima Fresh Graduate

Untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Barru, Andi Sudirman menyampaikan, menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak memotong anggaran infrastruktur, karena hal itu berkaitan dengan konektivitas daerah.

Ia menambahkan, di Kabupaten Barru, banyak potensi yang dapat mendukung pertumbuhan perekonomian daerah. 

Salah satunya dukungan pelabuhan di Kabupaten Barru yang dapat membantu distribusi pengangkutan barang ke berbagai daerah.

Plt Gubernur dalam sambutannya juga menekankan kepada Pemkab Barru untuk memperhatikan masalah stunting. 

Alasannya, penanganan stunting ini sangat penting untuk menghadirkan generasi sumber daya manusia (SDM) kedepannya.

Ia meminta agar seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah bisa berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya sebagai promotor kesehatan untuk masyarakat tingkat bawah.

Bupati Barru Suardi Saleh yang baru saja dilantik untuk periode kedua menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) yang telah banyak memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab Barru) selama ini.

Menurut bupati, keberhasilan atau capaian pembangunan Kabupaten Barru selama ini bukan hanya karena kerja masyarakat dan Pemkab Barru. 

Capaian itu tidak lepas dari dorongan dan bantuan Pemprov Sulsel. Antara lain bantuan untuk pembangunan infrastruktur jalan. (*)


Baca juga