logo Liga Champions

THENEWSULSEL.COM, RUMANIA – RB Leipzig akan menjamu Liverpool pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Selasa (16/2) malam waktu setempat atau Rabu (17/2/2021) dini hari WIB.

Laga RB Leipzig vs Liverpool merupakan salah satu dari tiga pertandingan yang berpindah lokasi ke Puskas Arena di Kota Budapest, Hungaria.

Pertandingan ini sejatinya berlangsung di Jerman sebagai kandang RB Leipzig.

Namun, dipindahkan ke tempat netral oleh UEFA, karena pemerintah Jerman melarang warga yang datang dari Inggris masuk ke negaranya.   

Liverpool menuju laga ini dengan rangkaian hasil negatif di Liga Inggris. Liverpool yang juara bertahan Liga Inggris tiga kali kalah beruntun.

Selain masalah kepercayaan diri, Liverpool juga terkendala banyaknya pemain pilar yang cedera. Terutama di lini belakang. 

Sebaliknya, Leipzig dalam performa bagus di Liga Jerman dengan empat kemenangan berturut-turut. Karena itu, pemain-pemain Leipzig sangat yakin dapat mengatasi The Reds. 

Namun, bek Liverpool Trent Alexander-Arnold yakini mereka bisa menjadikan laga ini sebagai momen kebangkitan. 

Bek timnas Inggris ini menambahkan, Liga Champions adalah kompetisi yang berbeda. Pengalaman akan sangat menentukan. 

"Kami ingin memperbaiki situasi buruk ini secepat mungkin. Ini adalah kompetisi yang berbeda, yang selalu menyegarkan,” tutur Alexander-Arnold.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp harus pandai-pandai meracik formasi karena banyaknya pemain pilar yang cedera.

Pemain pilar terbaru yang cedera adalah gelandang serba bisa James Milner. Ia  cedera hamstring saat pertandingan lawan Leicester baru berjalan 17 menit. 

Klopp juga kehilangan Ben Davies, pemain yang baru didatangkan bulan lalu. Selain itu, Divock Origi dan kiper Caoimhin Kelleher juga absen.

Naby Keita masih diragukan tampil melawan mantan klubnya. Begitu juga Fabinho yang cedera lagi, padahal baru saja kembali dari pemulihan. 

Nama lainnya yang cedera adalah Virgil van Dijk, Joe Gomez, Joel Matip, dan Diogo Jota.

Untuk posisi penjaga gawang, Klopp kemungkinan masih memberi kesempatan Alisson Becker meski sebelumnya melakukanblunder lawan Manchester City dan Leicester City. 

Gelandang Thiago Alcantara juga diprediksi bakal main sebagai starter, setelah pulih dari cedera.

Di kubu lawan, Leipzig kemungkinan besar akan diperkuat Ibrahima Konate yang telah kembali bergabung dengan skuad pada Jumat lalu. 

Dia kemungkinan berpasangan bek tengah Dayot Upamecano, pemain yang sebelumnya dikaitkan dengan Liverpool tetapi berhasil digaet Bayern Muenchen.

Konate dan Dayot akan menghadapi trio penyerang Liverpool, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. 

Striker muda Justin Kluivert yang sebelumnya menjadi pemain cadangan di Liga Jerman, berpeluang jadi starter. 

Pertemuan Leipzig menghadapi Liverpool ini akan memberi kesempatan bagi Peter Gulacsi melawan mantan klubnya, setelah lima tahun di Anfield tanpa pernah masuk tim senior. 

Leg kedua akan berlangsung di markas Liverpool, Stadion Anfield pada 11 Maret 2021 mendatang. (*)

Prediksi Susunan Pemain

RB Leipzig: Peter Gulacsi (GK); Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann; Tyler Adams, Marcel Sabiter, Kevin Kampl, Dani Olmo, Angelino; Yussuf Poulsen, Christopher Nkunku

Liverpool: Alisson Becker (GK); Trent Alexander-Arnold, Ozan Kabak, Jordan Henderson, Andy Robertson; Thiago Alcantara, Georginio Wijnaldum, Curtis Jones; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane



Tags: 16 besar Liga Champions Hasil Liga Champions Jadwal Liga Champions Liverpool

Baca juga