Valentino Rossi (kiri) pada jumpa bersama Marc Marquez

THENEWSULSEL.COM, ITALIA – Pebalap senior Valentino Rossi yang kini sedang melakukan persiapan menghadapi musim lomba MotoGP 2021, ternyata masih menyimpan dendam pada Marc Marquez.

Rossi yang musim ini membela tim Petronas Yamaha SRT bahkan mengaku mustahil memafaatkan Marquez yang kini masih cedera.

Kejengkelan The Doctor, julukan Rossi, terkait perseteruannya dengan Marc Marquez pada musim lomba 2015 lalu.

Ketika itu, Rossi gagal menjadi juara dunia, kalah dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Salah satu penyebabnya, menurut Rossi, karena Marquez berusaha menjegalnya untuk “membantu” Lorenzo.  

Sepanjang balapan 2015 itu, Rossi dan Marquez sering terlibat aksi senggol-menyenggol di trek pada beberapa seri.

Perseteruan juga berlanjut di luar arena balapan. Kedua pebalap beberapa kali terlibat adu argumen di media ketika jumpa pers maupun saat wawancara. 

Baca: Al Ahly vs Bayern Muenchen 0-2, Lewandowski Cs ke Final Piala Dunia Antarklub

Puncak perseteruan kedua pebalap yakni saat Marc Marquez dijatuhkan oleh Valentino Rossi pada lap ke-7 salah satu seri balapan tahun 2015 itu.

Akibatnya, Marquez gagal finis sedangkan Rossi finis di urutan ketiga. Namun, Rossi mendapat sanksi dari penyelenggaran balapan, Dorna dan Federasi Motor Internasional (FIM).

Baca: Al Ahly vs Bayern Muenchen 0-2, Lewandowski Cs ke Final Piala Dunia Antarklub

Rossi harus memulai balapan dari posisi paling belakang pada lomba putaran terakhir di MotoGP Valencia, Spanyol. 

Start dari urutan paling belakang membuat Rossi tak bisa mengalahkan Jorge Lorenzo dalam perburuan gelar juara MotoGP 2015.

Rossi harus puas finis di urutan keempat, sedangkan Lorenzo podium pertama sekaligus juara dunia 2015. 

Rossi mengungkapkan hal ini ketika media meminta tanggapan mengenai situasi Marc Marquez yang masih berkutat dengan cedera.  

"Apa yang dia (Marc Marquez) lakukan kepada saya, tidak bisa dimaafkan," kata Rossi seperti dilansir media Spanyol, Marca, pekan ini. 

Rossi menambahkan, meski sudah enam tahun berlalu, dirinya tetap marah jika mengingat kembali ulah Marquez yang membuatnya gagal juara dunia 2015. 

Meski demikian, Rossi mengaku tetap prihatin pada kondisi Marc Marquez saat ini yang masih dalam perawatan dan harus absen pada seri-seri awal MotoGP 2021. 

"Saya prihatin dia (Marquez) tak bisa balapan. Jika dia kembali, apa dia akan sekuat dulu? Saat ini tak seorang pun tahu, bahkan dia sendiri," katanya. 

Marquez yang membela tim Repsol Honda sudah melewatkan musim lomba 2020 karena cedera lengan kanan, gegara jatuh pada seri pertama MotoGP 2020.

Pebalap Spanyol ini bahkan masih diragukan bisa tampil pada lomba MotoGP 2021, karena cederanya belum pulih. (*) 



Tags: Jadwal MotoGP Marc Marquez Valentino Rossi

Baca juga