logo Liga Inggris

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS – Liverpool kalah telak 1-4 lawan tamunya Manchester City pada laga pekan ke-23 Liga Inggris di Stadion Anfield, Senin (8/2/2021) dini hari WIB. 

Empat gol kemenangan Man City dicetak oleh Ilkay Guendogan (49', 73'), Raheem Sterling (76'), Phil Foden (83'). 

Kekalahan telak Liverpool ini tidak lepas dari kecerobohan kiper Liverpool Alisson Becker yang dua kali melakukan blunder. 

Dua kali Alisson Becker membuang bola yang justru jatuh di kaki pemain lawan dekat kotak penalti, yang semuanya berbuah gol bagi Man City.

Satu gol balasan Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah dari titik penalti pada menit ke-63. 

Hasil ini mengakhiri kutukan bagi Man City yang 18 tahun tidak pernah menang Stadion Anfield.

Sebelumnya, Man City meraih kemenangan di Stadion Anfield terjadi pada Liga Inggris musim 2002-2003, yakni 28 Desember 2003. 

Kemenangan ini juga semakin memantapkan posisi Man City di puncak klasemen dengan poin 50. Unggul 10 poin dari Liverpool di urutan ke-4.

Man City juga menjauh 5 poin dari kejaran tim peringkat kedua, Manchester United (MU) yang sehari sebelumnya bermain seri 3-3 lawan Everton.  

Laga Liverpool vs Man City berlangsung terbuka sejak awal babak pertama. Man City mendominasi permainan hingga menit ke-15, sebelum Liverpool mampu keluar dari tekanan. 

Meski saling serang, kedua tim bermain imbang 0-0 hingga jeda. Man City sebenarnya memiliki peluang emas mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-37. 

Wasit menunjuk titik penalti itu setelah Raheem Sterling dijatuhkan Fabinho ketika melakukan akselerasi. Namun, eksekusi penalti Ilkay Guendogan melambung. 

Namun, Ilkay Guendogan membayar kesalahan itu dengan mencetak gol pertama di awal babak kedua. Skor 1-0. 

Mohamed Salah menyamakan skor 1-1 dari titik penalti, setelah dijatuhkan bek lawan Ruben di kotak terlarang.

Ketika Liverpool sedang bersemangat menyerang setelah skor 1-1, Alisson Becker membuat kesalahan fatal. Dua kali umpannya jatuh ke kaki lawan yang berbuah gol oleh Guendogan dan Sterling. 

Kecerobohan itu meruntuhkan semangat rekan setimnya. Situasi ini dimanfaatkan Man city untuk mencetak gol keempat lewat Foden. (*)

Susunan Pemain 

 Liverpool (4-3-3): 1-Alisson Becker, 66-Trent Alexander-Arnold, 14-Jordan Henderson, 3-Fabinho, 26-Andy Robertson (21-Kostas Tsimikas 85'); 17-Curtis Jones (7-James Milner 68'), 6-Thiago Alcantara (23-Xherdan Shaqiri 68'), 5-Georginio Wijnaldum; 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mane 11-Mohamed Salah

 Pelatih: Juergen Klopp 

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson Moraes; 27-Joao Cancelo, 5-John Stones, 3-Ruben Dias, 11-Oleksandr Zinchenko; 16-Rodri, 8- Ilkay Guendogan, 44-Phil Foden; 20-Bernardo Silva, 26-Riyad Mahrez (9-Jesus 72'), 7-Raheem Sterling Pelatih: Pep Guardiola



Tags: hasil Liga Inggris klasemen Liga Inggris Liverpool Man City Manchester United

Baca juga