Andy Jassy pengganti Jeff Bezos sebagai CEO Amazon

THENEWSULSEL.COM, AMERIKA – Jeff Bezos menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Amazon, setelah sekitar 26 tahun berjuang membesarkan usahanya ini.  

Setelah mundur, pria berumur 57 tahun ini akan mengisi posisi sebagai Ketua Eksekutif Dewan di Amazon. 

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa pada kuartal ketiga tahun ini, saya akan beralih menjadi Executive Chair of the Amazon Board dan Andy Jassy akan mengisi posisi CEO," kata Jeff Bezos melalui surat kepada karyawan Amazon, seperti dilansir media-media Amerika Serikat, Rabu (3/2/2021).

Pengganti Jeff Besos sebagai CEO Amazon adalah Andy Jassy. Pria 53 tahun ini  bukanlah orang baru di Amazon.

Andy Jassy telah bergabung dengan perusahaan e-commerce raksasa di dunia itu sejak 1997 dan bekerja untuk mengawasi bisnis komputasi awan Amazon yang berkembang pesat saat ini.

Pada suatu kesempatan Jassy mengatakan, kunci kesuksesan jangka panjang Amazon adalah penemuan kembali.

“Anda ingin menemukan kembali ketika Anda sehat, Anda ingin menciptakan kembali setiap saat,” ujar Jassy pada akhir 2020 di forum perusahaan seperti dilansir Reuters.

Ia menegaskan, setiap perusahaan harus memiliki keuangan dan tanpa henti serta ulet untuk mencapai kebenaran. "Anda harus tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak,” ujarnya.

Ia mencontohkan keputusan Netflix mengkanibal bisnis penyewaan DVD-nya sendiri demi streaming.

Fokus pada masa depan sangat tepat mengingat karier Jassy ditentukan oleh Amazonnya yang terkemuka ke pasar yang sepenuhnya baru, yakni komputasi awan.

Amazon Web Services menyewakan ruang dan pemrograman perangkat lunak bagi pelanggan untuk menjalankan operasi teknis mereka di server perusahaan. 

Amazon Web Services yang selama ini dipimpin Jassy, sekarang menjadi andalan keuntungan Amazon dan mendominasi pasar cloud seperti perusahaan itumemimpin dunia e-commerce.

Jassy bergabung dengan Amazon setelah lulus dari Harvard Business School. Ia bekerja sebagai asisten teknis untuk Bezos di awal tahun 2000-an dan berperan penting dalam memimpin dorongan perusahaan di luar penjualan buku.

Jassy menjadi favorit karena sangat menyukai perubahan dan hal-hal yang baru. 

Di luar kesibukannya di Amazon, Jassy merupakan penggemar olahraga. Ia merupakan salah seorang pemilik waralaba Liga Hoki Nasional Seattle yang baru, Kraken, yang akan bergabung dengan liga itu pada musim 2021-2022 mendatang. (*)



Tags: Amazon Andy Jassy CEO Amazon e-commerce Amazon Jeff Bezos

Baca juga