ilustrasi QR Code untuk login pengguna WhatsApp desktop atau web. Nantinya login menggunakan sidik jari atau pemindai wajah.

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Aplikasi berbagi pesan instan WhatsApp (WA) mengumumkan fitur keamanan baru untuk pengguna WhatsApp (WA) versi dekstop dan web.

Fitur keamanan baru ini mengharuskan pengguna memindai sidik jari atau wajah, saat akan masuk dan melakukan sinkronisasi ke dalam WhatsApp desktop atau web.

Selama ini, pengguna WA hanya harus memindai QR Code yang muncul di layar komputer saat akan login dan melakukan sinkronisasi.

Menurut penjelasan WhatsApp, fitur keamanan baru ini diterapkan agar aktivitas komunikasi pengguna tetap terjaga privasi dan keamanannya ketika menggunakan WhatsApp versi apapun.

Pihak WhatsApp menambahkan, memperkuat fitur keamanan untuk aplikasi web dan desktop dengan menambah lapisan keamanan ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer pengguna. 

Aturan barunya, ketika pengguna akan masuk ke dalam WhatsApp versi web atau desktop, maka diminta untuk melakukan autentikasi biometrik berupa sidik jari atau wajah.

Baca: Lowongan Kerja di Kimia Farma untuk Lulusan D3 dan S1, Begini Syaratnya

Biometrik yang dianggap sah adalah sidik jari maupun wajah yang telah didaftarkan di telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) masing-masing.

Setelah itu, barulah pengguna dapat memindai kode QR untuk login.

Namun, fitur keamanan ini hanya akan berfungsi pada ponsel yang mendukung otentikasi biometrik yakni iOS 14 ke atas dan sejumlah perangkat Android yang sudah kompatibel.

Baca: Jadwal Liga Inggris Pekan ke-21: Arsenal vs MU, Tim Setan Merah Dalam Bahaya

Serta ketika pengguna WhatsApp sudah mengaktifkan autentikasi biometrik pada ponsel mereka.

Dijelaskan, tambahan lapisan keamanan ini akan meminimalisasi kemungkinan orang lain untuk menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

WhatsApp mengklaim, pihaknya tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di dalam ponsel pengguna.

Fitur autentikasi biometrik ini diluncurkan untuk memperkuat fitur keamanan WhatsApp yang sudah ada sebelumnya.

Fitur yang dimaksud adalah adanya notifikasi ketika ada aktivitas login di WhatsApp versi web atau desktop, serta pengaturan untuk keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan akun melalui WhatsApp versi ponsel.

Kapan aturan baru ini berlaku? Fitur ini baru akan tersedia dalam beberapa pekan mendatang. (*)



Tags: fitur WhatsApp

Baca juga