Panitia dari Apersi Peduli berpose di depan dua truk yang membawa bantuan ke Sulbar, Jumat ( 22/1/2021)


MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM  - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi ) Sulawesi Selatan (Sulsel) Ir H Yasser Latief mempimpin rombongan Apersi Peduli membawa sumbangan untuk korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Mereka yang berangkat meninggalkan Makassar sejak Kamis (21/1/2021) kemarin, menyisir kantong-kantong pengungsi yang membutuhkan bantuan sejak dari Kota Parepare. Ada beberapa lokasi penampungan pengungsi di Parepare yang disambangi rombongan dari Apersi ini.


Sekretaris Apersi Sulsel HM Akbar Yusuf Tampak menurunkan bantuan dari truk di Majene, Jumat (22/1/2021)

Menurut Yasser, awalnya, Apersi  Sulsel membuka donasi untuk korban di Sulbar sesaat setelah bencana melanda. Donasi dibuka hanya untuk kalangan internal yang melalui grup WhatsApp anggota Apersi.

“ Melalui Apersi Peduli, teman-teman anggota Apersi Sulsel menggalang dana untuk membantu korban.  Dalam perkembangannya, pengurus dan anggota Apersi lainnya dari seluruh Indonesia turut berpartisipasi,” kata Yasser yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Parepare ini.

Yasser berharap, dengan kehadiran Apersi, bukan hanya sebagai bentuk perhatian jangka pendek tapi sebagai bentuk dukungan kepda  masyarakat Sulbar untuk segera bangkit dan kembali hidup normal.

Yasser tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, terkhusus kepada para pengurus dan anggota Apersi dari luar Sulsel ikut membantu. “Solidaritas teman-teman Apersi sangat luar biasa. Kami betul-betul terharu dan bersemangat atas support mereka,” kata Yasser.

Ketua Apersi Sulsel Ir H Yasser Latief menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pengungsi di Majene, Jumat (22/1/2021).

Bendahara Apersi Sulsel, Sulkifli Ishak Djarre, mengatakan, selama sekitar 5 hari penerimaan donasi dibuka, terkumpul sebanyak Rp 117 juta. Dana ini lalu dibelikan barang-barang maupun obat-obatan yang dibutuhkan para pengungsi.

“Sebelum kami belanja, terlebih dahulu mendata kebutuhan  para pengungsi melalui informan kita di lapangan,” kata Sulkifli.

Untuk membawa bantuan ini, diangkut oleh dua buah truk. Panitia dari Apersi Peduli mengawal truk tersebut. Turut mengawal Sekretaris Apersi Sulsel HM Akbar Yusuf,  Wakil Dewan Pertimbangan HM Rais Nadjamuddin,  Wakil Sekretaris Asy’ari Abdullah, serta pengurus seorang lainnya, Siswandy.

Setiba di Kabupaten Majene, mereka langsung menyasar empat posko bantuan di Kabupaten Majene, yakni Ulumanda, Malunda, dan Tappalang.

Baca: Apersi Sulsel Bergerak Bantu Korban Gempa Sulbar, Sudah Rp 66 Juta Terkumpul

Di tempat ini, mereka menyalurkan bantuan untuk keperluan mendesak korban gempa yang sedang mengungsi. Antara lain, beras, selimut, popok bayi, tenda, obat-obatan dan air mineral.

“Kami harap bantuan dari para dermawan ini bisa bermanfaat bagi seluruh korban Majene maupun di Mamuju,” kata Rais Nadjamuddin.

Sementara itu, Akbar Yusuf menyebutkan,beberapa DPD Apersi yang ikut berdonasi antara lain, Dewan Pengurus Pusat (DPP), Aceh, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Sulawesi Tenggara (Sultra). Ada juga atas nama pribadi dari beberapa provinsi.

APERSI Peduli aktif melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan setiap ada event atau peristiwa tertentu. Sebelumnya, APERSI Peduli  mekakukan pengumpulan dan penyaluran  bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu,  banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, banjir di Gowa dan Makassar,  bantuan korban kebakaran di beberapa daerah seperti Pinrang, dan lainnya.

 APERSI Peduli juga selalu melakukan kegiatan di bulan Ramadhan seperti  penyerahan rumah tahfidz, buka puasa bersama anak yatim, pemberangkatan ibadah umrah kepada para guru ,mengaji, imam masjid, marbot, dan lainnya. Semua sumbangan ini dikumpulkan dari anggota Apersi. (*)

 

 



Tags: Gempa Majene Gempa Mamuju Gempa Sulbar

Baca juga