ilustrasi seleksi CPNS

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Bagi Anda yang berminat melamar jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk penerimaan 2021, saatnya bersiap-siap menyiapkan berkas.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian PAN-RB akan mengumumkan formasi CPNS pada Maret 2021. Setelah itu, kemungkinan pendaftaran dimulai April.  

"Kira-kira seperti itu (April dimulai pendaftaran seleksi CPNS). Tergantung dari selesainya pertimbangan teknis Kemenkeu dan BKN," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko kepada media, Rabu (20/1/2021). 

Teguh menjelaskan, pihaknya masih mengolah data formasi penerimaan tahun 2021 dan instansi mana saja yang membuka pendaftaran. 

Ia menambahkan, formasi yang dibutuhkan pada seleksi CPNS 2021 akan diumumkan paling cepat pada akhir Maret nanti. 

Teguh juga meluruskan informasi mengenai ‘pembatasan’ tenaga honorer untuk menjadi PNS. 

Tenaga honorer tetap bisa mengikuti seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), jika memenuhi persyaratan sesuai Undang-Undang (UU) Nomor Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 

Menurutnya, semua warga negara memiliki hak untuk mengikuti seleksi baik CPNS maupun calon PPPK, selama memenuhi persyaratan yang ditentukan undang-undang. 

Dijelaskan, Kementerian PAN-RB  tidak mengarahkan honorer ke PPPK, tetapi dipersilahkan ikut seleksi CPNS jika memenuhi persyaratan. 

Teguh mengemukakan, pemerintah mengarahkan para tenaga honorer beralih status menjadi PPPK, karena mereka rata-rata sudah berusia di atas 35 tahun. 

Padahal, syarat umur untuk menjadi PNS adalah di bawah 35 tahun. 

Khusus untuk jabatan guru, sesuai kesepakatan Mendikbud, Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan BKN, akan merekrut 1 juta formasi melalui seleksi PPPK. 

Sepanjang Januari hingga Februari 2021, pemerintah akan melakukan verifikasi dan validasi ulang usulan jumlah formasi yang masuk. Baik dari kementerian/lembaga negara maupun pemerintah daerah seluruh Indonesia.  

Setelah rampung, maka pemerintah akan menetapkan rincian formasi dan diumumkan ke publik pada akhir Maret. 

Tahap berikut, Kementerian PAN-RB menyusun dan menetapkan Peraturan Menteri PAN-RB sebagai dasar hukum penerimaan CPNS maupun PPPK 2021. (*)



Tags: CPNS 2021 Formasi CPNS Penerimaan CPNS Seleksi CPNS

Baca juga