Ilustrasi: Alat pengukur gempa

THENEWSULSEL.COM, MANADO - Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 mengguncang Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (16/1/2021) pagi.

Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 06.00 WIB.

Menurut BMKG, lokasi gempa berada di laut pada koordinat 1.44 LU, 126.02 BT atau 99 kilometer Timur Bitung-Sulawesi Utara.

Titik lokasi gempa di Sulawesi Utara pada kedalaman 73 kilometer (Km).

Berdasarkan analisis BMKG, gempa di Sulut tersebut tidak berpotensi tsunami. Informasi ini sesuai keterangan di akun Twitter BMKG @InfoBMKG.

Sehari sebelumnya, Jumat (15/1), gempa dengan 6,2 skala Richter terjadi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), tepatnya di Majene dan Mamuju.

Baca: Nurdin Abdullah Siapkan Rumah Sakit Penyangga bagi Korban Gempa Sulbar

Data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) pada Jumat (15/1) malam, jumlah korban meninggal dunia karena gempa di Mamuju dan Majene, Provinsi Sulbar, sebanyak 42 orang. 

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, sebanyak 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 8 orang di Kabupaten Majene. 

Baca: Ibu Risma Siapkan Santunan Korban Meninggal Gempa Majene Rp15 Juta per Orang

Selain itu, terdapat ratusan orang yang terluka dan butuh perawatan medis. Warga masih mengungsi di tempat-tempat terbuka dan ketinggian untuk mengantisipasi gempa susulan.

Sejumlah gedung perkantoran dan fasilitas umum rusak parah, seperti kantor Gubernur Sulbar. Akses melalui darat juga terhambat material longsoran. (*)



Tags: Gempa Majene Gempa Mamuju Gempa Sulbar

Baca juga