Syekh Ali Jaber

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Ulama yang juga pendakwah, Syekh Ali Jaber berpulang setelah beberapa hari menjalani perawatan di RS Yarsi, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Pria asal Kota Madinah, Arab Saudi, yang sudah berkewarganegaraan Indonesia ini, dirawat di rumah sakit setelah sebelumnya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 pada akhir Desember 2020.

Menurut Ustad Yusuf Mansur, kondisi Syekh Ali Jaber sudah sempat membaik setelah mendapat perawatan. Bahkan sudah negatif Covid-19. 

Syekh Ali Jaber wafat dalam usia 45 tahun. Ia lahir di Kota Madinah, 3 Februari 1976. Hampir seluruh hidupnya, termasuk masa kecil, dihabiskan untuk belajar agama.

Pada umur 10 tahun, ia sudah mampu menghafal 30 juz Al Quran. Bahkan pada usia 13 tahun, sudah mendapat amanah menjadi imam di salah satu masjid di Madinah. 

Di kota kelahirannya, Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan ibtidaiyah (dasar) hingga aliyah (menengah atas) di Madinah. 

Setelah menyelesaikan pendidikan formal pada level menengah atas atau madrasah aliyah, Syekh Ali Jaber melanjutkan pelajarannya dengan berguru kepada sejumlah ulama ternama di Arab Saudi. 

Ia memilih mendalami ilmu tafsir kepada para ulama ternama di negaranya.

Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia pada 2008. Empat tahun kemudian, ia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2012. 

Syekh Ali Jaber mendapat kerhormatan menjadi warga negeri Indonesia sebagai penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Selama berdakwah di Indonesia, Syekh Ali Jaber yang sudah fasih berbahasa Indonesia, aktif mengisi pengajian di berbagai kota di Tanah Air.

Syekh Ali Jaber pernah menjadi juri pada acara Hafiz Indonesia yang ditayangkan salah satu televisi swasta nasional. 

Ia juga menjadi penceramah dalam berbagai kajian di beberapa stasiun televisi nasional. 

Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia, wanita asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2008. Pasangan ini dikaruniai seorang anak  yang diberi nama Hasan. 

Syekh Ali Jaber merupakan salah seorang penceramah favorit di Indonesia. Isi ceramahnya sejuk dan banyak membahas praktik ibadah sehari-hari. (*)



Tags: Syekh Ali Jaber

Baca juga