CEO Tesla, Elon Musk kini orang terkaya di dunia

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – CEO Amazon Jeff Bezos kini bukan lagi orang terkaya di dunia. Posisinya digeser oleh CEO produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk.

Media ternama CNBC melansir, nilai kekayaan Elon Musk hingga Jumat (8/1/2021) mencapai 185 miliar dolar AS atau sekitar Rp 2.571 triliun (kurs Rp 13.900 per dolar AS). 

Nilai kekayaan Elon Musk meningkat tajam hampir 600 persen jika dibandingkan dengan pundi-pundi kekayaannya pada awal tahun 2020 lalu. 

Pada awal 2020, kekayaan Elon Musk sebesar 27 miliar dolar AS. Ketika itu, dirinya tidak termasuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia. 

Menurut CNBC, lonjakan harga saham Tesla sepanjang tahun 2020 dan berlanjut hingga awal tahun ini, membuat Elon Musk menggeser posisi Bezos.

Sebagai catatan, Bezos telah menduduki posisi sebagai orang terkaya di dunia sejak tahun 2017. Saat ini, nilai kekayaan Bezos ditaksir 184 miliar dolar AS. 

Baca: Lowongan Kerja Besar-besaran di Indofood untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat, D3, dan S1

Peningkatan kekayaan Musk ini tercatat merupakan yang tercepat di dalam daftar orang terkaya di dunia.

Peningkatan kekayaannya juga cukup dramatis, sebab 18 bulan yang lalu, Tesla menjadi kabar utama karena terkendala modal. 

Situasi buruk itu membuat nilai kekayaan Elon Musk yang tecermin dalam saham Tesla juga ikut merosot. Namun, sang pengusaha mampu mengatasi masalah itu. 

Baca: Jadwal Liga Inggris Pekan ke-18, MU dan Manchester City Mainkan Laga Tunda

Selain karena harga saham Tesla yang melambung hamper sembilan kali lipat dalam setahun terakhir, pria ini juga mengantongi paket upah yang fantastis. 

Kedua faktor ini menambah pundi-pundi kekayaan Elon Musk hingga 150 miliar dolar AS. 

Situasi berbeda dialami Bezos. Harga saham Amazon cenderung stagnan, karena ada potensi pengetatan regulasi dari pemerintah. 

November 2020 lalu, Elon Musk sudah menggeser Bill Gates sebagai orang terkaya nomor dua di dunia. Kemudian terus melesat pada beberapa bulan terakhir. 

Nama lengkapnya Elon Reeve Musk. Pria ini lahir di Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Ia memiliki tiga kewarganegaraan, yakni Afrika, Amerika Serikat (AS), dan Kanada. 

Elon Musk merupakan pendiri beberapa perusahaan teknologi populer, seperti SpaceX yang bergerak di bidang teknologi antariksa; Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif, OpenAI, SolarCity, dan Neuralink.

Ia mengungkapkan, mendirikan perusahaan-perusahaan itu dengan tujuan mengubah dunia dan kehidupan manusia. Termasuk mengurangi pemanasan global.

Elon Musk juga punya ambisi besar meningkatkan teknologi agar manusia bisa hidup di planet lain, khususnya di planet Mars.

Ia pernah kuliah di Queen’s University dan University of Pennsylvania. 

Dari dua kali pernikahan, dengan Justine dan Talulah Riley, Elon Musk dikaruniai tujuh anak. (*) 



Baca juga